Upaya Pengawas Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis Pada SMA Negeri Di Manado

Authors

  • Viginia Saneba SMK Negeri 3 Manado
  • Joulanda A.M Rawis Universitas Negeri Manado
  • Mozes Markus Wullur Universitas Negeri Manado
  • Viktory N. J Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5094

Keywords:

Keterampilan, Profesional, SMA, Supervisi Klinis, Supervisor

Abstract

Belum optimalnya fungsi supervisi klinis di SMA Negeri 10 Manado mendorong peneliti untuk mengklarifikasi masalah agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang pelaksanaan supervisi klinis instruktur. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif naturalistik (Bogdan dan Biklen, 1982). Kegiatan supervisi klinis oleh supervisor membantu guru memecahkan masalah pembelajaran yang berdampak positif terhadap kinerja guru. Hasil menunjukkan bahwa upaya pengawas mata pelajaran untuk meningkatkan keterampilan profesional guru SMA Negeri 10 Manado untuk guru mata pelajaran sangat baik. Hal ini terlihat dari rencana/program pengawasan yang dikembangkan dan pembinaan yang diberikan kepada dosen di bidang kualifikasi masing-masing, tanpa hasil yang signifikan, namun dosen pembimbing yang diteliti memberikan pengawasan klinis. belum cukup dilaksanakan sesuai tahapan supervisi klinis, namun supervisi klinis supervisor subjek penelitian berpengaruh kecil terhadap sivitas akademika SMA Negeri 10 Manado. Topik penelitian keterampilan profesional guru SMA negeri belum diteliti secara menyeluruh, yang memenuhi kriteria pendidik dan tenaga kependidikan.

References

Acheson,K.A and Gall,M.D. (1980). Techniques in the Clinical Supervision of Teachers, 3d ed. New York: Longman

Ali Imron. (1995). Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, hal. 10.

Bogdan, Robert C. dan Biklen Kopp Sari (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc.: Boston London.

Cunningham, William G.(1982). Systematic Planning for Educational Change, 1st Edition.California: Mayfield Publishing Company.

Departemen Agama RI (2006), Model-model Pelatihan Bagi Pengawas Sekolah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Departemen Pendidikan Nasional. (2007), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996) Hamzah. (2008), Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar, (2007), Guru Profesional, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Musiich Mansur, (2007), Sertifikasi guru Menuju Profesionaliasi Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurtain. (1989). Supervisi Pengajaran (Teori dan Prektek). Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti – P2LPTK.

Oteng Sutisna (1986). Administrasi Pendidikan . Bandung : PT Angkasa

Purwanto Ngalim, (2007), Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: remaja Rosda Karya. Makalah Pengawasan Pendidikan di Sekolah. SPs-UPI.

Sahertian Piet A (2008), Konsep dasar & Teknik Supervisi pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sallis Edward (2006). Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional. Alfabeta. Bandung

Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Kep. MENPAN) No. 118/1996

Tilaar, H.A.R. (2004), Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta Uno B. UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wahyudi. (2009), Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organitation), Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Saneba, V., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Upaya Pengawas Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis Pada SMA Negeri Di Manado. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(2), 153–162. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5094

Issue

Section

Articles