Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di SD Negeri Minahasa Utara )
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5080Keywords:
Akademik, Direktur, Kinerja Guru, Kualitas Pembelajaran, Kepala SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dampak pengawas sekolah terhadap kinerja guru khususnya pada guru sekolah dasar di suku Minahasa utara. Pengawasan utama merupakan bagian dari kegiatan
penjaminan mutu kegiatan ilmiah. Di bawah pengawasan kepala sekolah, guru dapat diinstruksikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan kerja lapangan. Informan survei ini adalah 10 orang guru SD Negeri di Suku Minahasa Utara. Pengumpulan data, di gunakan teknik dokumentasi dan wawancara . Hasil survei guru SD di Minahasa Utara menunjukkan bahwa kunjungan sekolah yang dilakukan sudah terencana, sistematis, dan teratur. Tahap supervisi dilakukan dengan membentuk kelompok supervisi, setelah itu tim menetapkan tujuan supervisi, tujuan supervisi dan membuat peralatan supervisi. Kepala Sekolah SD Negeri Minahasa Utara melakukan pendekatan yang menarik: mengutamakan hubungan emosional dan menjaga keharmonisan. Dengan demikian, pengawasan utama SD Negeri Minahasa Utara
berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pendidikan, serta peningkatan kinerja pendidikan dalam pembangunan. Ringkasnya, supervisi kepala sekolah akan meningkatkan kinerja guru dan mempengaruhi kualitas pendidikan guru di kelas untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka secara berkelanjutan.
References
Asmani, JM (2012). Tips AplikasiManajemen Sekolah. Jogyakarta: Diva Pres, 2012.
As-Suwaidan, T. Muhammad & F. U. Basyarahil (2009). Memproduksi Pemimpin Hebat. Surabaya: Pustaka Yassir.
Burhanuddin, Soetopo, H., Imron, A., Maisyaroh, dan Ulfatin, N (2017). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Fakultas lmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Firdausi, Annas (2018). Pengaruh Supervisi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMKN Di Jakarta Timur. Jurnal Sap Vol. 2 No. 3 April 2018, hlm.270-278.
Glanz, Jeffrey dan S. Susan (2000). Supervision in Practice. California: Corwin Press,Inc. Glickman.
Hazli dan R. R. Saputra (2019). Analisis Pengaruh Supervisi Pengawas Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Sukau Lampung Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume 9 Nomor 1, Februari 2019, hlm. 62-68.
Kadarwati, A (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademikdengan Teknik Kunjungan Kelas. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, Volume 1 Nomor 2 Desember 2016), h. 103-120.
Mulyasa, E (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Cet. Ke-5 . Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution (2006). Metode Penelitian (Cet. I). Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Nawawi, Hadari (1988). Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.
Neagley, R.L. dan Evans D.N (1980). Handbook for effective supervision of instruction (Third Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Piet. A. Sahertian dan F. Mataheru (2000). Konsep Dasar dan Teknik: Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Jakarta: Rineka Cipta.
Sarifudin (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Kota Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 02, No. 01, Januari 2019, hlm. 49-70.
Soetjipto dan Kosasi (1999). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhardan, Dadang (2010). Supervisi Profesional, Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah (Cet. II). Bandung: Alfabeta, 2010.
Surasni (2018). Pengaruh Supervisi, Kepemimpinan Partisipatif Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Kerja Guru Sma Di Jakarta Selatan. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Vol 1 No. V, Mei 2018, hlm. 26-41. Usman, H dan P. S. Akbar (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi pembelajaran (learning organization). Bandung; CV Alfabeta. h. 97
Yusmadi, dkk (2012). Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Sigli. Jurnal Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 1, No. 1, Agustus 2012, hlm. 82- 95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.