Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di SD Negeri Minahasa Utara )

Authors

  • Christine Rawis SD Inpres Minahasa Utara
  • Joulanda A.M Rawis Universitas Negeri Manado
  • Mozes Markus Wullur Universitas Negeri Manado
  • Viktory N. J Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5080

Keywords:

Akademik, Direktur, Kinerja Guru, Kualitas Pembelajaran, Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dampak pengawas sekolah terhadap kinerja guru khususnya pada guru sekolah dasar di suku Minahasa utara. Pengawasan utama merupakan bagian dari kegiatan
penjaminan mutu kegiatan ilmiah. Di bawah pengawasan kepala sekolah, guru dapat diinstruksikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan kerja lapangan. Informan survei ini adalah 10 orang guru SD Negeri di Suku Minahasa Utara. Pengumpulan data, di gunakan teknik dokumentasi dan wawancara . Hasil survei guru SD di Minahasa Utara menunjukkan bahwa kunjungan sekolah yang dilakukan sudah terencana, sistematis, dan teratur. Tahap supervisi dilakukan dengan membentuk kelompok supervisi, setelah itu tim menetapkan tujuan supervisi, tujuan supervisi dan membuat peralatan supervisi. Kepala Sekolah SD Negeri Minahasa Utara melakukan pendekatan yang menarik: mengutamakan hubungan emosional dan menjaga keharmonisan. Dengan demikian, pengawasan utama SD Negeri Minahasa Utara
berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pendidikan, serta peningkatan kinerja pendidikan dalam pembangunan. Ringkasnya, supervisi kepala sekolah akan meningkatkan kinerja guru dan mempengaruhi kualitas pendidikan guru di kelas untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka secara berkelanjutan.

References

Asmani, JM (2012). Tips AplikasiManajemen Sekolah. Jogyakarta: Diva Pres, 2012.

As-Suwaidan, T. Muhammad & F. U. Basyarahil (2009). Memproduksi Pemimpin Hebat. Surabaya: Pustaka Yassir.

Burhanuddin, Soetopo, H., Imron, A., Maisyaroh, dan Ulfatin, N (2017). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Fakultas lmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Firdausi, Annas (2018). Pengaruh Supervisi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMKN Di Jakarta Timur. Jurnal Sap Vol. 2 No. 3 April 2018, hlm.270-278.

Glanz, Jeffrey dan S. Susan (2000). Supervision in Practice. California: Corwin Press,Inc. Glickman.

Hazli dan R. R. Saputra (2019). Analisis Pengaruh Supervisi Pengawas Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Sukau Lampung Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume 9 Nomor 1, Februari 2019, hlm. 62-68.

Kadarwati, A (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademikdengan Teknik Kunjungan Kelas. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, Volume 1 Nomor 2 Desember 2016), h. 103-120.

Mulyasa, E (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Cet. Ke-5 . Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution (2006). Metode Penelitian (Cet. I). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Nawawi, Hadari (1988). Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Neagley, R.L. dan Evans D.N (1980). Handbook for effective supervision of instruction (Third Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Piet. A. Sahertian dan F. Mataheru (2000). Konsep Dasar dan Teknik: Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Jakarta: Rineka Cipta.

Sarifudin (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Kota Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 02, No. 01, Januari 2019, hlm. 49-70.

Soetjipto dan Kosasi (1999). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardan, Dadang (2010). Supervisi Profesional, Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah (Cet. II). Bandung: Alfabeta, 2010.

Surasni (2018). Pengaruh Supervisi, Kepemimpinan Partisipatif Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Kerja Guru Sma Di Jakarta Selatan. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Vol 1 No. V, Mei 2018, hlm. 26-41. Usman, H dan P. S. Akbar (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi pembelajaran (learning organization). Bandung; CV Alfabeta. h. 97

Yusmadi, dkk (2012). Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Sigli. Jurnal Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 1, No. 1, Agustus 2012, hlm. 82- 95.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rawis, C., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di SD Negeri Minahasa Utara ). JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(2), 142–152. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5080

Issue

Section

Articles