Pengembangan Media Pembelajaran Matematika VIirtual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Himpunan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v2i2.4986

Keywords:

Himpunan, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Matematika Virtual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran matematika virtual pada materi himpunan dan untuk mengetahui terdapatnya peningkatan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah uji coba produk. Penelitian ini dilakukan sebagai pengembangan media pembelajaran virtual pada siswa kelas VII  untuk mempelajari materi himpunan. Produk yang dikembangkan yaitu dalam bentuk pembelajaran virtual menggunakan platform Gnomio.com sebagai akses pada pembelajaran virtual. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan. Pada hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika virtual pada materi himpunan untuk kelas VII memperoleh tingkat kelayakan sebesar 79% dari uji Ahli Materi dan uji Ahli Media sebesar 91%  sehingga produk layak digunakan oleh siswa untuk mempelajari materi himpunan dan terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah uji coba produk dengan gain sebesar 0,6 pada uji skala terbatas dan 0,6 pada uji lapangan.

References

Afriani, D. W. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media POPTRIKS dalam Pembelajaran Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya). [Online]. Tersedia: http://repository.um-surabaya.ac.id/3508/.

Apriansyah, M. F., & Pujiastuti, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Virtual Learning dengan Gnomio. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], 11(2), 179-188. Tersedia: https://www.neliti.com/publications/317679/pengembangan-bahan-ajar-matematika-berbasis-virtual-learning-dengan-Gnomio.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahar, A. (201). AHZAA.net Media Info Belajar: Mencoba Moodle, Learning Management System (LMS) Terbaik untuk Pembelajaran Kelas Anda [Online]. Tersedia: https://www.ahzaa.net/2019/09/mencoba-moodle-learning-management.html.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of models and learning platforms for prospective teachers during the COVID-19 pandemic period. Indonesian Journal of Teacher Education [Online], 1(2), 61-70. Tersedia: https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95.

Hake-Richard, R. (1998). “Interactive-Engagement Methods in Introductory Mechanics Coursesâ€. Journal of Physics Education Research [Online]. 66, 1-2. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/228710512_Interactive-Engagement_Versus_Traditional_Methods_A_Six-Thousand-Student_Survey_of_Mechanics_Test_Data_for_Introductory_Physics_Courses.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan [Online], vol 22(1), 65-70. Tersedia: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15286.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 [Online], Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.

Khatimah, H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2018). Pengembangan Lks Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Keterampilan Penyelesaian Masalah Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi [Online], 6(2), 173-181. Tersedia: https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/2458.

Meltzere, D. E (2002). The relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics : A “Hidden Variable’ in Diagnostics Pretest Score. American Journal of Physics [Online]. Tersedia : http://www.physicseducation.net/docs/AJP-Dec-2002-Vol.70-1259-1268.pdf.

Pemerintahan Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003, No 78, Tambahan Lembaran Negara RI No 4301 . Jakarta: Sekertariat Negara.

Pratiwi, R. A., Hendrayana, A., & Ihsanudin, I. (2020). Pengembangan Kelas Virtual dengan Gnomio Dalam Kecakapan Komunikasi Matematis Siswa Topik Transformasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika [Online], 4(1), 380-395. Tersedia: https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/199.

Septiani, E. (2018, October). Pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. In Pesona: Pekan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia [Online]. (Vol. 1, No. 1, pp. 92-98). Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/340200-e-learning-berbasis-moodle-sebagai-media-6ea6c368.pdf.

Sudiana, R., Fatah, A., & Khaerunnisa, E. (2017). Kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis virtual class. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) [Online], 10(1). Tersedia: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1292.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suherman, Turmudi, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas [Online], 3(2). Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/228882834.pdf .

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Kusumawati, Y., & Lestari, I. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika VIirtual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Himpunan. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i2.4986

Issue

Section

Articles