Pembelajaran IPA Dimasa Pandemi Covid-19 Untuk Tingkat SD/MI

Authors

  • Mohammad Imam Sufiyanto IAIN Madura
  • Roychan Yasin IAIN Madura
  • Roviandri Roviandri IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.4616

Keywords:

Pembelajran IPA, Covid-19, Pandemi

Abstract

Virus merupakan sesuatu yang tidak terlihat yang menjadi musuh bagi manusia, akhir-akhir ini kita dihadapi dengan sebuah virus yang amat membahayakan bagi manusia di berbagai negara yang ada di seluruh dunia.Virus tersebut adalah Virus Corona.Virus Corona atau Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia baik lewat pernafasan, dan juga dapat melalui sentuhan anggota badan yang umumnya adalah tangan. Virus ini bisa menyarang siapa saja tanpa menganal batas usia dan kelamin, baik itu lansia, orang tua, remaja, anak-anak, baik itu laki-laki ataupun perempuan dapat terjangkit virus Corona tersebut.

Inveksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan amat begitu cepat kenegara-negara yang berada di seluruh dunia termasuk Negara Indonesia.hal tersebut mengakibatkan lumpuhnya semua aktivitas yang ada diberbagai dunia khususnya di Indonesia, Pandemi COVID-19 ini berakibat pada sistem pembelajaran diseluruh jenjang pendidikan khususnya untuk tingkat SD/MI.

References

Aden Fani Rahmasari, Setiawan, F., & Meirza Nanda Faradita. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Inventa, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2609

Al Halik, & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 3(2), 131–141. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1887

B, F., & Ramli, E. S. S. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Dengan Metode Daring Selama Masa Wabah Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 255–260. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.326

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Encep Andriana, Suci Ramadayanti, T. E. N. (2020). PEMBELAJARAN IPA DI SD PADA MASA COVID 19. Prosiding FKIP, 2507(February), 1–9.

Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan Penyesuaian Diri Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285–292. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v7i4.90

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas Di Kelas X Ipa Ma Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22

Rosyidiana, H. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sains (IPA) Tingkat Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1709–1716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.948

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Sutriyani, W. (2020). STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PGSD ERA PANDEMI COVID-19 Wulan Sutriyani Program Studi PGSD FTIK UNISNU Jepara Pendahuluan Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan dengan memberikan pendidika. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165.

Ta’imul Sholikah, Anisa Fitri Mardhotillah, Lisawati Achmadi Indriyani, Vela Ayu Wulandari, Putriyana Permata Sari Kuraesin, Nur Laily Sa’adatus Abadiyah Al-Khotim, Muhammad Yuda Irjiananto, Fatmah, M. ma’arif. (2020). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains Saat Pandemi Covid-19 Ta’imul. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67–75. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJS

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sufiyanto, M. I., Yasin, R. ., & Roviandri, R. (2021). Pembelajaran IPA Dimasa Pandemi Covid-19 Untuk Tingkat SD/MI. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.4616

Issue

Section

Articles