Pemanfaatan Media Komunikasi Digital dalam Promosi MTs Terpadu Berkah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.12992Keywords:
Media, Komunikasi Digital, PromosiAbstract
Penelitian ini membahas pemanfaatan media komunikasi digital dalam promosi MTs Terpadu Berkah Palangka Raya untuk meningkatkan daya tarik dan visibilitas madrasah di tengah persaingan pendidikan yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi yang diterapkan, tantangan yang dihadapi, serta optimalisasi media digital agar lebih efektif dalam menarik calon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Terpadu Berkah telah memanfaatkan berbagai platform digital, seperti Instagram, YouTube, TikTok, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan website resmi. Namun, beberapa kendala masih dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaan media digital, akses internet yang kurang stabil, serta minimnya fasilitas produksi konten yang profesional. Untuk mengatasi tantangan tersebut, madrasah telah menerapkan strategi komunikasi digital yang lebih terstruktur, termasuk optimalisasi konten di berbagai platform. Dengan optimalisasi strategi digital, diharapkan MTs Terpadu Berkah dapat memperkuat citra madrasah, meningkatkan efektivitas promosi, serta menarik lebih banyak peserta didik baru.
References
Abdullah, A., & Maisyaroh, J. (2024). Strategi Komunikasi Digital Dalam Membentuk Opini Publik Untuk Mendukung Brand Image Madrasah Aliyah Nurul Jadid. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1571–1578. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V7i2.3925
Agnes, A. S. E., Mala, I. K., & Wibowo, H. A. H. E. (2024). Strategi Pemasaran Media Sosial: Membangun Keterlibatan Dan Jangkauan. Takaza Innovatix Labs. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=0qeyeqaaqbaj&Printsec=Frontcover&Hl=Id#V=Onepage&Q&F=False
Apriyanto, A., Subaweh, A. M., & Setiawardani, W. (2023). Strategi Promosi Pondok Pesantren Darul Maarif Indramayu Di Era Digital: Explorative Case Study. Gema Wiralodra, 14(1), 422–433. Https://Doi.Org/10.31943/Gw.V14i1.358
Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahmah, A., Ahmad, Naufal, A. M. F., & S, M. F. (2023). Peran Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Journal On Education, 06(01), 9725–9734.
Fakhrudin, A., Roeliyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. In Deepublish Publisher. PENERBIT DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA). Https://Repositori.Sttkd.Ac.Id/Documents/Arif Fakhrudin%2C S.E.%2C M.M./1. Buku Bauran Pemasaran.Pdf
Fitri, A. A. (2025). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kanal Youtube Lognewstv Sebagai Sarana Dakwah. Journal Of Islamic Studies, 2(4), 411–418.
Hadi, N., Ramadhan, F., Safirussalim, S., Imari, S., Mukhra, U. H., Amala, K., & Andi, M. (2024). Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan: Tinjauan Literatur. Jsi: Jurnal Saudagar Indonesia, 3(2), 473–491.
Hananto, S., & Murtafiah, N. H. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Madrasah. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 1(2), 182–200.
Indah, A., Kristanti, S., Cahyo, L., & Buntaran, K. (2024). Strategi Komunikasi Visual Di Media Sosial : Studi Kasus Pada Akun Instagram Tirtoid. Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 13(Oktober), 1–17.
Kholil, A. A. A., & Purnomo, M. S. (2025). Manajemen Pemasaran Pendidikan: Menjawab Tantangan Kompetisi Di Era Globalisasi (Studi Kasus SMA Darussalam Blokagung). PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2478–2484.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd Edn PDF Ebook. Pearson Higher Ed.
Maheswari, A. A. I. A., & Gavryla, A. (2024). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Melalui Sosial Media Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Occupancy. Open Journal Systems, 18(1978), 2643–2656.
Majid, A., & Fitri, A. A. (2025). Implementasi Pengelolaan Dakwah Digital Melalui Youtube Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Journal Of Islamic Studies, 2(4), 385–393.
Maulidi, A., Eviyanti, L., Zohriah, A., & Djabidi, F. (2024). Strategi Promosi Dan Komunikasi Jasa Pendidikan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 3863–3876. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i6.1260
Michal, P. (2024). What Is IMC? Integrated Marketing Communications Explained. Https://Ahrefs.Com/Blog/Imc/
Naila, N. D., & Riofita, H. (2024). Tren Pemasaran Digital: Tantangan, Peluang, Dan Strategi Inovatif Dalam Mengembangkan Bisnis Dengan Teknologi Digital. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(2), 205–226.
Nurhasanah, A., Reygita, H., & Kalalo, S. N. M. (2024). Pengaruh Teknologi Modern Terhadap Moralitas Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 175–186. Https://Doi.Org/10.55606/Sscj-Amik.V2i1.2701
Purba, B., Gaspersz, S., Bisyri, M., Putriana, A., Hastuti, P., Sianturi, E., Yuliani, D. R., Widiastuti, A., Qayyim, I., Djalil, N. A., Purba, S., Yusmanizar, & Giswandhani, M. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. In Yayasan Kita Menulis. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Ykwceaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=PA1&Ots=Edsirvdb0d&Sig=G_Tlzyygmxykb7xjjfivs7jian8
Rahmawati, Setiawan, E. A., & Muinah Fadhilah. (2023). Strategis Promosi Digital Marketing Pada Distributor Keramik Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 287–292. Https://Doi.Org/10.55826/Tmit.V2i4.286
Ramadhan, M. A., & Chatamallah, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran X. Jurnal Riset Public Relations, 19–22. Https://Doi.Org/10.29313/Jrpr.Vi.641
Ramdhan, M. (N.D.). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Ntw_EAAAQBAJ
Sariah, D., & Nugraha, M. S. (2025). Analisis Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Mts Persis 37 Sumedang. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 24(1), 1–11.
Siregar, A., & Rasyid, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Brand Image Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah UINSU. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 728–739. Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V6i1.4853
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif). Alfabeta Bandung. Http://Belajarpsikologi.Com/Metode-Penelitian-Kualitatif/
Sya’adah, S. F. (2024). Strategi Promosi Berbasis Digital Marketing Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru Di Sekolah Siti Fatikhatus Sya ’ Adah Meningkatkan Penjualan Dengan Cara Mengirim Pesan Persuasif Kepada Pelanggan Untuk Teknik Digital Marketing Masih Jarang Di. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(4).
Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31–42. Https://Sj.Eastasouth-Institute.Com/Index.Php/Smb/Article/View/22
Uli, N. Z., Agustyawati, D., Ode, W., Zarliani, A., Ode, L., & Suherman, A. (2025). Room Of Civil Society Development Hybrid Marketing Dalam Pendidikan Tinggi : Studi Efektivitas Sosialisasi Online Dan Offline Terhadap Minat Mahasiswa Baru. Room Of Civil Society Development, 4(1), 211–221. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59110/Rcsd.536
Utami, F. S., Mudofir, & Supriyanto. (2022). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/322599509.Pdf
Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 245–256. Https://Doi.Org/10.54082/Jupin.153
Yusuf, M., & Maula, F. N. (2023). Strategi Promosi Madrasah Di Media Sosial Dalam Menarik Animo Peserta Didik Baru. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 180–191.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ainun Ni'mah, Nurul Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.




