Pemanfaatan Media Komunikasi Digital dalam Promosi MTs Terpadu Berkah Palangka Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.12992

Keywords:

Media, Komunikasi Digital, Promosi

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan media komunikasi digital dalam promosi MTs Terpadu Berkah Palangka Raya untuk meningkatkan daya tarik dan visibilitas madrasah di tengah persaingan pendidikan yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi yang diterapkan, tantangan yang dihadapi, serta optimalisasi media digital agar lebih efektif dalam menarik calon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Terpadu Berkah telah memanfaatkan berbagai platform digital, seperti Instagram, YouTube, TikTok, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan website resmi. Namun, beberapa kendala masih dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaan media digital, akses internet yang kurang stabil, serta minimnya fasilitas produksi konten yang profesional. Untuk mengatasi tantangan tersebut, madrasah telah menerapkan strategi komunikasi digital yang lebih terstruktur, termasuk optimalisasi konten di berbagai platform. Dengan optimalisasi strategi digital, diharapkan MTs Terpadu Berkah dapat memperkuat citra madrasah, meningkatkan efektivitas promosi, serta menarik lebih banyak peserta didik baru.

References

Abdullah, A., & Maisyaroh, J. (2024). Strategi Komunikasi Digital Dalam Membentuk Opini Publik Untuk Mendukung Brand Image Madrasah Aliyah Nurul Jadid. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1571–1578. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V7i2.3925

Agnes, A. S. E., Mala, I. K., & Wibowo, H. A. H. E. (2024). Strategi Pemasaran Media Sosial: Membangun Keterlibatan Dan Jangkauan. Takaza Innovatix Labs. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=0qeyeqaaqbaj&Printsec=Frontcover&Hl=Id#V=Onepage&Q&F=False

Apriyanto, A., Subaweh, A. M., & Setiawardani, W. (2023). Strategi Promosi Pondok Pesantren Darul Maarif Indramayu Di Era Digital: Explorative Case Study. Gema Wiralodra, 14(1), 422–433. Https://Doi.Org/10.31943/Gw.V14i1.358

Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahmah, A., Ahmad, Naufal, A. M. F., & S, M. F. (2023). Peran Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Journal On Education, 06(01), 9725–9734.

Fakhrudin, A., Roeliyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. In Deepublish Publisher. PENERBIT DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA). Https://Repositori.Sttkd.Ac.Id/Documents/Arif Fakhrudin%2C S.E.%2C M.M./1. Buku Bauran Pemasaran.Pdf

Fitri, A. A. (2025). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kanal Youtube Lognewstv Sebagai Sarana Dakwah. Journal Of Islamic Studies, 2(4), 411–418.

Hadi, N., Ramadhan, F., Safirussalim, S., Imari, S., Mukhra, U. H., Amala, K., & Andi, M. (2024). Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan: Tinjauan Literatur. Jsi: Jurnal Saudagar Indonesia, 3(2), 473–491.

Hananto, S., & Murtafiah, N. H. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Madrasah. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 1(2), 182–200.

Indah, A., Kristanti, S., Cahyo, L., & Buntaran, K. (2024). Strategi Komunikasi Visual Di Media Sosial : Studi Kasus Pada Akun Instagram Tirtoid. Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 13(Oktober), 1–17.

Kholil, A. A. A., & Purnomo, M. S. (2025). Manajemen Pemasaran Pendidikan: Menjawab Tantangan Kompetisi Di Era Globalisasi (Studi Kasus SMA Darussalam Blokagung). PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2478–2484.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd Edn PDF Ebook. Pearson Higher Ed.

Maheswari, A. A. I. A., & Gavryla, A. (2024). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Melalui Sosial Media Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Occupancy. Open Journal Systems, 18(1978), 2643–2656.

Majid, A., & Fitri, A. A. (2025). Implementasi Pengelolaan Dakwah Digital Melalui Youtube Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Journal Of Islamic Studies, 2(4), 385–393.

Maulidi, A., Eviyanti, L., Zohriah, A., & Djabidi, F. (2024). Strategi Promosi Dan Komunikasi Jasa Pendidikan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 3863–3876. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i6.1260

Michal, P. (2024). What Is IMC? Integrated Marketing Communications Explained. Https://Ahrefs.Com/Blog/Imc/

Naila, N. D., & Riofita, H. (2024). Tren Pemasaran Digital: Tantangan, Peluang, Dan Strategi Inovatif Dalam Mengembangkan Bisnis Dengan Teknologi Digital. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(2), 205–226.

Nurhasanah, A., Reygita, H., & Kalalo, S. N. M. (2024). Pengaruh Teknologi Modern Terhadap Moralitas Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 175–186. Https://Doi.Org/10.55606/Sscj-Amik.V2i1.2701

Purba, B., Gaspersz, S., Bisyri, M., Putriana, A., Hastuti, P., Sianturi, E., Yuliani, D. R., Widiastuti, A., Qayyim, I., Djalil, N. A., Purba, S., Yusmanizar, & Giswandhani, M. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. In Yayasan Kita Menulis. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Ykwceaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=PA1&Ots=Edsirvdb0d&Sig=G_Tlzyygmxykb7xjjfivs7jian8

Rahmawati, Setiawan, E. A., & Muinah Fadhilah. (2023). Strategis Promosi Digital Marketing Pada Distributor Keramik Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 287–292. Https://Doi.Org/10.55826/Tmit.V2i4.286

Ramadhan, M. A., & Chatamallah, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran X. Jurnal Riset Public Relations, 19–22. Https://Doi.Org/10.29313/Jrpr.Vi.641

Ramdhan, M. (N.D.). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Ntw_EAAAQBAJ

Sariah, D., & Nugraha, M. S. (2025). Analisis Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Mts Persis 37 Sumedang. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 24(1), 1–11.

Siregar, A., & Rasyid, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Brand Image Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah UINSU. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 728–739. Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V6i1.4853

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif). Alfabeta Bandung. Http://Belajarpsikologi.Com/Metode-Penelitian-Kualitatif/

Sya’adah, S. F. (2024). Strategi Promosi Berbasis Digital Marketing Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru Di Sekolah Siti Fatikhatus Sya ’ Adah Meningkatkan Penjualan Dengan Cara Mengirim Pesan Persuasif Kepada Pelanggan Untuk Teknik Digital Marketing Masih Jarang Di. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(4).

Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31–42. Https://Sj.Eastasouth-Institute.Com/Index.Php/Smb/Article/View/22

Uli, N. Z., Agustyawati, D., Ode, W., Zarliani, A., Ode, L., & Suherman, A. (2025). Room Of Civil Society Development Hybrid Marketing Dalam Pendidikan Tinggi : Studi Efektivitas Sosialisasi Online Dan Offline Terhadap Minat Mahasiswa Baru. Room Of Civil Society Development, 4(1), 211–221. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59110/Rcsd.536

Utami, F. S., Mudofir, & Supriyanto. (2022). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/322599509.Pdf

Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 245–256. Https://Doi.Org/10.54082/Jupin.153

Yusuf, M., & Maula, F. N. (2023). Strategi Promosi Madrasah Di Media Sosial Dalam Menarik Animo Peserta Didik Baru. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 180–191.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Ni’mah, A., & Hikmah, N. (2025). Pemanfaatan Media Komunikasi Digital dalam Promosi MTs Terpadu Berkah Palangka Raya. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 5(1), 23–38. https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.12992

Issue

Section

Articles