Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di Era Digital

Authors

  • Dwi Setyaningsih STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Vastha Vusvitha STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Nur Layla Syafrina Harahap STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.11876

Keywords:

Era Digital, Jasa Pendidikan, Strategi Pemasaran

Abstract

Era digital telah mengubah cara institusi pendidikan memasarkan layanan mereka, menuntut pendekatan yang lebih adaptif dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif bagi jasa pendidikan di era digital, serta mengeksplorasi tantangan yang dihadapi dan solusi inovatif yang dapat diterapkan. Menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur dari buku dan jurnal yang membahas pemasaran digital, strategi komunikasi, dan teknologi dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, pemasaran konten, dan personalisasi berbasis data adalah strategi utama yang efektif dalam meningkatkan daya saing institusi pendidikan. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kebutuhan akan keahlian digital, dan isu privasi data menjadi hambatan yang perlu diatasi. Untuk menghadapi tantangan ini, institusi pendidikan perlu berinvestasi dalam pengembangan keterampilan digital staf, serta memanfaatkan analitik data untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Kesimpulannya, strategi pemasaran yang adaptif, inovatif, dan berbasis teknologi merupakan kunci sukses bagi institusi pendidikan dalam menarik dan mempertahankan calon peserta didik di era digital yang kompetitif. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan pemasaran digital mereka guna mencapai tujuan strategis jangka panjang., strategi pemasaran yang adaptif, inovatif, dan berbasis teknologi merupakan kunci sukses bagi institusi pendidikan dalam menarik dan mempertahankan calon peserta didik di era digital yang kompetitif. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan pemasaran digital mereka guna mencapai tujuan strategis jangka panjang.

References

Fatonah, R., & Ifendi, M. (2024). Strategi Perumusan Misi Jasa Pendidikan Di Era Digital. AL AMIYAH: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(01), 51–64.

Hakim, L. (2021). Seminar Nasional Dies Natalis Ke-41 Digital Marketing Pada Lembaga Pendidikan : Seminar Nasional UTP, 129–138.

Hamdani, A. R. T. (2022). Pengaruh Produk dan Media Sosial Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Syariah di Bandung, Jawa Barat. Journal of Research on Business and Tourism, 2(2), 95. https://doi.org/10.37535/104002220222

Imam Faizin. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7(2), 261–283.

Indriani, F., Diba, F., Ubaedullah, D., & Pratama, A. I. (2021). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.13656

Juraerah, E., Fauzi, A., & Supardi, S. (2023). Implementasi Bauran Pemasaran Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 291–303. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17552

Labaso, S. (2018). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05

Malisi, A. S. (2017). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Mea. Transformatif, 1(1), 1. https://doi.org/10.23971/tf.v1i1.656

Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.

Prasetya, M. S., Nurhadi, M., Puspitaningrum, A. C., Arifianti, C., & Hudzaifah, A. H. (2023). Analisis Kualitas Website Perguruan Tinggi Sebagai Second-Order Construct Menggunakan Pendekatan PLS-SEM. Teknika, 12(2), 144–157. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i2.617

Rejeki, S., & Srisulistiowati, D. B. (2024). Media Digitalisasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Model Blended Learning di Era Pandemi COVID 19. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(4), 467–474. https://doi.org/10.31599/jrppjp66

Riyanto; Kharisma, M. (2024). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Lembaga Sekolah. JIPSKi, 2(1), 30–41.

Rosadhi, A. H. (2024). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Journal of International Multidisciplinary Research Strategi, 2(3), 192–213.

Sigit Hananto, N. H. M. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Madrasah. An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 182–201. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Sudirjo, F. dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi.

Sujarweni, V. W. (2024). INOVASI E-COMMERCE UNTUK OPTIMALISASI PROSES KONSUMEN , PRODUKSI , DAN PEMASARAN BAGI PELAKU. 12(2), 120–130.

Wiyasa, A. S. (2024). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12–17.

Zainal Panani, Prim Marokan Mutohar, A. E. S. (2024). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing yang Berorientasi Lingkungan di Era Industri 4.0. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Tekonologi, 11(3), 1183–1198.

Zuhri Ahmad, D., & Muin, A. (2023). Evolusi Pemasaran Jasa dan Pemasaran Relasional Jasa Pendidikan. Muntazam, 04(02), 1–7. https://doi.org/10.1212/muntazam.v4i02.10174

Zunan Setiawan dkk. (2023). Pendidikan Multimedia (Konsep dan Aplikasi pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0).

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Setyaningsih, D., Vusvitha, V., & Harahap , N. L. S. (2025). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di Era Digital. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.11876

Issue

Section

Articles