Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v5i1.11876Keywords:
Era Digital, Jasa Pendidikan, Strategi PemasaranAbstract
Era digital telah mengubah cara institusi pendidikan memasarkan layanan mereka, menuntut pendekatan yang lebih adaptif dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif bagi jasa pendidikan di era digital, serta mengeksplorasi tantangan yang dihadapi dan solusi inovatif yang dapat diterapkan. Menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur dari buku dan jurnal yang membahas pemasaran digital, strategi komunikasi, dan teknologi dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, pemasaran konten, dan personalisasi berbasis data adalah strategi utama yang efektif dalam meningkatkan daya saing institusi pendidikan. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kebutuhan akan keahlian digital, dan isu privasi data menjadi hambatan yang perlu diatasi. Untuk menghadapi tantangan ini, institusi pendidikan perlu berinvestasi dalam pengembangan keterampilan digital staf, serta memanfaatkan analitik data untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Kesimpulannya, strategi pemasaran yang adaptif, inovatif, dan berbasis teknologi merupakan kunci sukses bagi institusi pendidikan dalam menarik dan mempertahankan calon peserta didik di era digital yang kompetitif. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan pemasaran digital mereka guna mencapai tujuan strategis jangka panjang., strategi pemasaran yang adaptif, inovatif, dan berbasis teknologi merupakan kunci sukses bagi institusi pendidikan dalam menarik dan mempertahankan calon peserta didik di era digital yang kompetitif. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan pemasaran digital mereka guna mencapai tujuan strategis jangka panjang.
References
Fatonah, R., & Ifendi, M. (2024). Strategi Perumusan Misi Jasa Pendidikan Di Era Digital. AL AMIYAH: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(01), 51–64.
Hakim, L. (2021). Seminar Nasional Dies Natalis Ke-41 Digital Marketing Pada Lembaga Pendidikan : Seminar Nasional UTP, 129–138.
Hamdani, A. R. T. (2022). Pengaruh Produk dan Media Sosial Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Syariah di Bandung, Jawa Barat. Journal of Research on Business and Tourism, 2(2), 95. https://doi.org/10.37535/104002220222
Imam Faizin. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7(2), 261–283.
Indriani, F., Diba, F., Ubaedullah, D., & Pratama, A. I. (2021). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.13656
Juraerah, E., Fauzi, A., & Supardi, S. (2023). Implementasi Bauran Pemasaran Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 291–303. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17552
Labaso, S. (2018). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05
Malisi, A. S. (2017). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Mea. Transformatif, 1(1), 1. https://doi.org/10.23971/tf.v1i1.656
Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.
Prasetya, M. S., Nurhadi, M., Puspitaningrum, A. C., Arifianti, C., & Hudzaifah, A. H. (2023). Analisis Kualitas Website Perguruan Tinggi Sebagai Second-Order Construct Menggunakan Pendekatan PLS-SEM. Teknika, 12(2), 144–157. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i2.617
Rejeki, S., & Srisulistiowati, D. B. (2024). Media Digitalisasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Model Blended Learning di Era Pandemi COVID 19. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(4), 467–474. https://doi.org/10.31599/jrppjp66
Riyanto; Kharisma, M. (2024). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Lembaga Sekolah. JIPSKi, 2(1), 30–41.
Rosadhi, A. H. (2024). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Journal of International Multidisciplinary Research Strategi, 2(3), 192–213.
Sigit Hananto, N. H. M. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Madrasah. An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 182–201. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Sudirjo, F. dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi.
Sujarweni, V. W. (2024). INOVASI E-COMMERCE UNTUK OPTIMALISASI PROSES KONSUMEN , PRODUKSI , DAN PEMASARAN BAGI PELAKU. 12(2), 120–130.
Wiyasa, A. S. (2024). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12–17.
Zainal Panani, Prim Marokan Mutohar, A. E. S. (2024). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing yang Berorientasi Lingkungan di Era Industri 4.0. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Tekonologi, 11(3), 1183–1198.
Zuhri Ahmad, D., & Muin, A. (2023). Evolusi Pemasaran Jasa dan Pemasaran Relasional Jasa Pendidikan. Muntazam, 04(02), 1–7. https://doi.org/10.1212/muntazam.v4i02.10174
Zunan Setiawan dkk. (2023). Pendidikan Multimedia (Konsep dan Aplikasi pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Setyaningsih, Vastha Vusvitha, Nur Layla Syafrina Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.




