Manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an untuk pendidikan dasar di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v5i2.11474Keywords:
Kurikulum Tahfidz al-Qur’an, Tahfidz al-Qur’an, Manajemen kurikulum, Pendidikan dasar, PesantrenAbstract
Kurikulum Tahfidz al-Qur’an yang terkelola dengan perspektif manajemen kurikulum belum menjadi perhatian para pengelola pesantren, terlebih pada pendidikan dasar. Hal ini nampak dari kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berbentuk program daripada kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an pada pendidikan dasar di Pesantren Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan meringkas data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan praktik manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an pada pendidikan dasar di Pesantren Muhammadiyah dilaksanakan perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Dengan manajemen kurikulum, hafalan siswa dapat tercapai sebagaimana target yang direncanakan. Selain itu, manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an turut mengembangkan kemampuan akademik dan spiritual siswa.
References
A. Syahid dan A. Wahyuni, “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Metode Pendidikan Anak,” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 1, 2019.
A. Fatah, “Dimensi Keberhasilan Pendidikan Islam Program Tahfidz Al-Qur’an,” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 9, no. 2, Sep. 2014, doi: 10.21043/edukasia.v9i2.779.
R. U. Malwa, “Dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa putra Tahfidz al-Qur’an,” Psikis : Jurnal Psikologi Islami, vol. 3, no. 2, pp. 137–144, Feb. 2018, doi: 10.19109/psikis.v3i2.1758.
A. Husna, R. Hasanah, dan P. Nugroho, “Efektivitas Program Tahfidz Al-Quran dalam Membentuk Karakter Siswa,” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 6, no. 1, pp. 47–54, Jun. 2021, doi: 10.15575/isema.v6i1.10689.
T. Firdaus dan R. Yilhas, “Implementasi Program Tahfidzul Qur’anboarding School dalam Pembetukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP-Qu Cahaya Al-Qur’an Padang Panjang,” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–103, Feb. 2024, doi: 10.61132/jmpai.v2i2.127.
D. Dahliana dan M. Kasduri, “Pengelolaan Model Pembinaan Tahfidz Qur’an di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal,” Educate: Journal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.56114/edu.v1i1.209.
A. Nurhuda dan A. Hadziq, “Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali,” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, 2022.
Y. Supriani, R. Tanjung, A. Mayasari, dan O. Arifudin, “Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 332–338, Jan. 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i1.417.
S. Rohmatillah dan M. Shaleh, “Manajemen Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar Mojosari Situbondo,” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 107–267, Oct. 2018, doi: 10.35316/jpii.v3i1.91.
M. E. Kharisma, F. Hadid, M. A. Faiz, dan A. Fadhlurrahman, “Pembinaan Manajemen Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Jurnal Syntax Transformation, vol. 2, no. 06, pp. 811–824, Jun. 2021, doi: 10.46799/jst.v2i6.302.
Y. Suryana, D. Dian, dan S. Nuraeni, “Manajemen Program Tahfidz Al-Quran,” Jurnal Isema: Islamic Educational Management, vol. 3, no. 2, pp. 103–113, Jun. 2019, doi: 10.15575/isema.v3i2.5014.
E. S. Mulyani dan I. Rindaningsih, “Implementation of Tahfidz Curriculum Management in Tahfidz Qur’an Elementary School,” Indonesian Journal of Islamic Studies, vol. 4, May 2021, doi: 10.21070/ijis.v4i0.1584.
Y. Fitriani dan I. Iswantir, “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Tahfidz di Markaz Ashhabul Qur’an,” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, vol. 4, no. 3, pp. 280–289, Dec. 2023, doi: 10.32832/itjmie.v4i3.15619.
A. Muis, “Penguatan Manajemen dan Kepemimpinan Pesantren dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan Alternatif Ideal,” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, vol. 2, no. 2, pp. 137–152, Dec. 2020, doi: 10.35719/jieman.v2i2.32.
B. M. Nasrowi dan Y. B. Kholifah, “Formulation of Quality of Islamic Basic Education: A Study in the Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Al Uswah Magetan,” Journal of Islamic Education and Innovation, pp. 114–121, Dec. 2021, doi: 10.26555/jiei.v2i2.4687.
H. Ahyani, A. Y. Abduloh, dan T. Tobroni, “Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an,” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 6, no. 1, pp. 37–46, Jun. 2021, doi: 10.15575/isema.v6i1.10148.
A. Triyuliasari dan A. S. Mubarok, “Self-Adjustment in Modern Islamic Boarding Schools: A Study of Self-Regulation and Religiosity among Students,” Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, vol. 7, no. 1, pp. 57–68, Jun. 2024, doi: 10.15575/jpib.v7i1.28982.
L. S. Noor, I. Nasar, I. Novarlia, M. Anieg, dan Z. Zulihi, “Peran Kiai Dalam Pengembangan Pendidikan Modern di Pondok Pesantren,” At-Ta’dib, vol. 18, no. 1, pp. 28–42, Jun. 2023, doi: 10.21111/attadib.v18i1.9911.
J. N. Ulya dan A. Triyuliasari, “Peran Kyai dalam Pengelolaan Pesantren di Era Global,” Jurnal Pendidikan Nusantara, vol. 3, no. 1, pp. 31–43, Mar. 2024, doi: 10.55080/jpn.v3i1.45.
E. Fatmawati, “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an,” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 4, no. 1, pp. 25–38, Aug. 2019, doi: 10.15575/isema.v4i1.5255.
T. Kartika, “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi,” Jurnal Isema: Islamic Educational Management, vol. 4, no. 2, pp. 245–256, Dec. 2019, doi: 10.15575/isema.v4i2.5988.
M. Rafifah dan N. L. Inayati, “Analisis Evaluasi Pembelajaran Tahfidz di SMP Islam Al-Hadi Boarding School Mojolaban,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 6, no. 2, pp. 852–862, Feb. 2025, doi: 10.38035/jmpis.v6i2.3576.
B. Rudianto, M. I. Dacholfany, dan S. Aminin, “Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Dalam Mencapai Target Hafalan di SMP Islam Darul Muttaqin Metro Lampung,” POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 33–41, Feb. 2021, doi: 10.24127/poace.v1i1.613.
S. Supriadi, U. C. Barlian, dan N. Koswara, “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Mutu Siswa SMA Swasta Istiqomah, SMA Plus Al Ghifari dan SMA Alfa Centauri,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 3, pp. 722–730, Mar. 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i3.469.
A. Akbar dan H. Hidayatullah, “Metode Tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar,” Jurnal Ushuluddin, vol. 24, no. 1, p. 91, Jun. 2016, doi: 10.24014/jush.v24i1.1517.
M. I. Ansari, A. Hafiz, dan N. Hikmah, “Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin,” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 180–194, Dec. 2020, doi: 10.37216/badaa.v2i2.359.
A. Luthfi dan R. Wiza, “Implementasi Metode Talqin dalam Program Tahfidz AlQur’an di Sekolah Menengah Pertama 31 Padang,” ISLAMIKA, vol. 4, no. 4, pp. 609–620, Oct. 2022, doi: 10.36088/islamika.v4i4.2067.
Nofi Maria Krisnawati dan Sita Husnul Khotimah, “Peningkatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Anak Usia Dini,” Wahana, vol. 73, no. 1, pp. 99–107, Jul. 2021, doi: 10.36456/wahana.v73i1.3181.
M. A. Latief, M. Solichin, dan A. Fanani, “Manajemen Kurikulum Tahfidz Program Akselerasi dan Retensi dalam Menghafal Al Qur’an Di Pondok Hamalatul Qur’an Pusat Jogoroto Jombang,” Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, vol. 5, no. 2, pp. 435–446, 2024.
A. Chusniyah dan I. Makruf, “Manajemen Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an di Kuttab Al Faruq Sukoharjo,” ISLAMIKA, vol. 6, no. 1, pp. 381–396, Jan. 2024, doi: 10.36088/islamika.v6i1.4387.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.
M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” HUMANIKA, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, Apr. 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
A. Erhan, “Manajemen Kurikulum Berbasis Akhlak, Nilai, dan Moral di Pondok Modern Darussalam Gontor,” Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, p. 212, Jul. 2020, doi: 10.32478/leadership.v1i2.447.
A. Lubis, “Sekolah Islam Terpadu dalam Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,” Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, vol. 4, no. 2, pp. 1077–1095, Jul. 2019, doi: 10.36424/jpsb.v4i2.60.
M. Muttaqin, “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam,” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–16, Jun. 2021, doi: 10.53649/taujih.v3i1.88.
F. Maujud, “Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan),” Jurnal Penelitian Keislaman, vol. 14, no. 1, pp. 31–51, Jun. 2018, doi: 10.20414/jpk.v14i1.490.
M. Riduan, M. Maufur, dan O. Abdurakhman, “Manajemen Program Tahfizh Alquran Pada Pondok Pesantren Modern,” Ta’dibi, vol. 5, no. 1, pp. 1–22, 2016.
A. N. Phafiandita, A. Permadani, A. S. Pradani, dan M. I. Wahyudi, “Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas,” JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, vol. 3, no. 2, pp. 111–121, Feb. 2022, doi: 10.47387/jira.v3i2.262.
R. Jannah, “Manajemen kurikulum tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Dempo Timur Pamekasan,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 2023.
M. Yasin, “Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri,” DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 72–79, Jan. 2022, doi: 10.54259/diajar.v1i1.192.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afiful Ikhwan, Muhammad Amien Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.