Analisis pembentukan karakter religius melalui program Golden Habit Activities

Authors

  • Muhammad Royan Masdaudi Universitas Ahmad Dahlan
  • Hendro Widodo Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v5i2.11234

Keywords:

Aktivitas, Karakter religius, Kurikulum, Pembiasaan, Peserta didik

Abstract

Pendidikan karakter religius menghadapi kendala pada praktiknya di sekolah. Pendidikan karakter menjadi slogan yang disampaikan oleh kepala sekolah dan guru-guru. Namun, karakter tersebut ada pada peserta didik tertentu, tidak semua peserta didik menghayati dan mengamalkannya dalam keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembentukan karakter religius melalui program Golden Habit Activities. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, kemudian dilakukan dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan karakter religius di sekolah dibentuk melalui pembiasaan dengan program Golden Habit Activities yang terintegrasi dalam kurikulum intrakulikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Siklus pelaksanaan pembiasaan dilakukan dengan kesadaran akan urgensi, pengendalian dan pelaksanaan, perubahan perilaku, pembiasaan dan keteladanan, pengetahuan nilai, dan peningkatan kognitif dan karakter. Pembiasaan aktivitas yang diprogramkan berdampak pada lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

References

A. Nurrahman dan A. Irawan, “Analisis Tingkat Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Al-TA’DIB, vol. 12, no. 2, p. 171, Jun. 2020, doi: 10.31332/atdbwv12i2.1575.

O. R. Sari dan T. Handayani, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1011–1019, Oct. 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i4.2768.

A. D. Raharja dan K. Nurachadija, “Peran Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa,” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), vol. 3, no. 1, pp. 10–15, Aug. 2023, doi: 10.54371/jiepp.v3i1.240.

R. Setyaningsih dan S. N. Rochma, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan,” el-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, vol. 3, no. 2, p. 83, Oct. 2020, doi: 10.24014/ejpe.v3i2.10590.

R. Aswidar dan S. Z. Saragih, “Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, p. 134, Mar. 2022, doi: 10.23887/jipp.v6i1.43373.

A. Sandria, H. Asy’ari, dan F. Siti Fatimah, “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri,” At-tadzkir: Islamic Education Journal, vol. 1, no. 1, pp. 63–75, Oct. 2022, doi: 10.59373/attadzkir.v1i1.9.

M. Azizah, S. Jariah, dan A. Aprilianto, “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan,” Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 29–45, Aug. 2023, doi: 10.59373/ngaos.v1i1.2.

H. Hasanah dan A. Fadlilah, “Problem Religiusitas dan Coping Spiritual pada Anak Berhadapan Hukum,” Sawwa: Jurnal Studi Gender, vol. 13, no. 1, p. 67, Dec. 2018, doi: 10.21580/sa.v13i1.2474.

A. Aldawiyah dan I. Damayanti, “Bagaimana Religiusitas Siswa Madrasah Aliyah Mempengaruhi Kontrol Diri?,” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, vol. 4, no. 2, p. 56, May 2023, doi: 10.24014/pib.v4i2.21944.

K. Khoiriah, M. Ismail, E. Kurniawansyah, dan Muh. Zubair, “Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SMP Negeri 22 Mataram,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 1448–1455, Aug. 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i3.1490.

G. Muhammad, Q. Y. Zakiah, dan M. Erihadia, “Implementasi pendidikan karakter religius melalui media pembelajaran berbasis teknologi,” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 4, p. 481, Dec. 2021, doi: 10.32832/tadibuna.v10i4.5073.

M. Ahsanulkhaq, “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan,” Jurnal Prakarsa Paedagogia, vol. 2, no. 1, Jul. 2019, doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.

A. Sari, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan,” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 02, p. 249, Dec. 2017, doi: 10.32678/tarbawi.v3i02.1952.

E. C. Hendriana dan A. Jacobus, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan,” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), vol. 1, no. 2, p. 25, Oct. 2017, doi: 10.26737/jpdi.v1i2.262.

A. M. Abidin, “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan,” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 183–196, Jun. 2019, doi: 10.30863/didaktika.v12i2.185.

H. Cahyono, “Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius,” Ri’ayah: Jurnal Sosial Keagamaan, vol. 1, no. 2, pp. 230–240, 2016.

R. Abdurrachman dan M. Makhful, “Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga,” Alhamra Jurnal Studi Islam, vol. 1, no. 2, p. 140, Mar. 2021, doi: 10.30595/ajsi.v1i2.10133.

N. M. S. Muhammad Fahri, “Staregi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 14 Bogor,” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, vol. 4, no. 2, pp. 537–542, Nov. 2019, doi: 10.32696/jp2sh.v4i2.335.

M. N. Fahmi dan S. Susanto, “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar,” Pedagogia : Jurnal Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 85–89, Aug. 2018, doi: 10.21070/pedagogia.v7i2.1592.

E. S. Futra, A. F. Aulia, dan S. Suratman, “Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religious Siswa SMP Nabil Husein Samarinda,” Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, no. 03, pp. 109–116, Sep. 2023, doi: 10.58812/spp.v1i03.133.

M. Z. Dahlan, “Internalisasi Nilai-nilai Agama dalam Membentuk Karakter Religius Siswa,” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, vol. 4, no. 3, pp. 335–348, Dec. 2022, doi: 10.37680/scaffolding.v4i3.1911.

H. U. Fauziah, E. Suhartono, and P. Pudjantoro, “Implementasi penguatan pendidikan karakter religius,” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 1, no. 4, pp. 437–445, Apr. 2021, doi: 10.17977/um063v1i4p437-445.

E. Putri dan D. Husmidar, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar,” Journal of Basic Education Research, vol. 2, no. 1, pp. 24–28, Jan. 2021, doi: 10.37251/jber.v2i1.132.

A. Rozak, “Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VII di Sekolah MTS Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study And Review (LSR),” El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, Apr. 2023, doi: 10.54125/elbanar.v6i1.149.

W. K. Anam, “Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah,” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, pp. 148–163, 2019.

M. L. Baehaqi dan M. Murdiono, “Strengthening Discipline Character of Students at Muhammadiyah Boarding-School (MBS) Muhiba Yogyakarta,” Dinamika Ilmu, pp. 63–82, Jun. 2020, doi: 10.21093/di.v20i1.1671.

K. Baehaqi dan A. R. Hakim, “Peran Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMAN 1 Ciwaringin,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 01, pp. 27–39, Sep. 2020, doi: 10.59141/japendi.v1i01.9.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.

S. Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Third Edition. Los Angeles: SAGE, 2014.

K. Kandiri dan A. Arfandi, “Guru Sebagai Model dan Teladan dalam Meningkatkan Moralitas Siswa,” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, Jul. 2021, doi: 10.35316/edupedia.v6i1.1258.

K. Kandiri dan M. Mahmudi, “Penerapan Shalat Dhuha dalam Peningkatan Moral Siswa di Sekolah,” Edupedia, vol. 3, no. 1, pp. 13–22, Jul. 2018, doi: 10.35316/edupedia.v3i1.316.

S. Aprilia dan D. Sajari, “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha,” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 211–222, Jul. 2022, doi: 10.52166/talim.v5i2.3114.

M. I. Faturrahman, “Urgensi kurikulum ISMUBA dalam membentuk karakter siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah,” Journal of Islamic Education and Innovation, pp. 47–55, Jun. 2022, doi: 10.26555/jiei.v3i1.6428.

S. S. S. Wibowo, “Pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Purbalingga,” IAIN Purwokerto, Purwokerto, 2017.

R. Firdaus, F. Fadllurrohman, dan A. Amalia, “Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SDN 1 Palam Banjarbaru,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3, p. 819, May 2022, doi: 10.35931/am.v6i3.1090.

A. Warisno, “Manajemen Internalisasi Karakter Religius Melalui Sistem Kesiswaan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 1, 2022.

S. Hawa, S. Syarifah, dan M. Muhamad, “Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang,” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 75–90, Dec. 2021, doi: 10.32923/kjmp.v4i2.2162.

V. V. Siregar et al., “Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha dan Tahsin Al-Qur’an dalam Membentuk Karater Siswa,” MIMBAR PGSD Undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 39–45, Apr. 2022, doi: 10.23887/jjpgsd.v10i1.39501.

K. Junita, A. Idi, dan A. Rusdi, “Pelaksanaan Program Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik,” Muaddib: Islamic Education Journal, vol. 5, no. 2, pp. 107–115, Jan. 2023, doi: 10.19109/muaddib.v5i2.15242.

T. Firdaus dan R. Yilhas, “Implementasi Program Tahfidzul Qur’anboarding School dalam Pembetukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP-Qu Cahaya Al-Qur’an Padang Panjang,” Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–103, Feb. 2024, doi: 10.61132/jmpai.v2i2.127.

M. Habibbulloh dan A. Arifin, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Stad Menggunakan Alat Peraga Alquran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid,” Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 16, no. 2, pp. 189–202, Dec. 2019, doi: 10.14421/jpai.2019.162-04.

J. Jumriani, M. R. N. Handy, B. Subiyakto, S. Syaharuddin, dan N. Izmi, “Program Baca Tulis Al-Qur’an; Sebuah Habituasi Pendidikan Karakter Pada Anak Di Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala,” PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), vol. 1, no. 2, Sep. 2021, doi: 10.20527/pakis.v1i2.4004.

R. U. Imaniyah dan R. Hidayah, “Efektivitas Program Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius,” Ar-Rihlah: Jurnal inovasi pengembangan pendidikan Islam , vol. 9, no. 2, pp. 158–171, 2024.

Z. Darajat, Metodik Khusus Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

D. N. Hikmasari, H. Susanto, dan A. R. Syam, “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara,” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, vol. 6, no. 1, pp. 19–31, Dec. 2021, doi: 10.24269/ajbe.v6i1.4915.

T. Lickona, Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility . New York: Bantam Books, 1992.

T. Lickona, “Eleven Principles of Effective Character Education,” J Moral Educ, vol. 25, no. 1, pp. 93–100, Mar. 1996, doi: 10.1080/0305724960250110.

T. Lickona, “Character Education: Seven Crucial Issues,” Action in Teacher Education, vol. 20, no. 4, pp. 77–84, Jan. 1999, doi: 10.1080/01626620.1999.10462937.

D. Perawironegoro, H. Widodo, W. Wantini, dan Mhd. L. Arqam, “Internalisasi Nilai-Nilai Pesantren Berbasis Manajemen Asrama,” JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 320–331, 2020.

L. Permatasari, M. Amrullah, dan M. D. K. Wardana, “Penguatan Pendidikan Karakter Religius Siswa Berbasis Manajemen Kelas,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 4, no. 1, pp. 43–55, Jun. 2023, doi: 10.53802/fitrah.v4i1.190.

W. P. Utami, S. Chadidjah, I. Ibrohim, and H. Hernawati, “Implementation of the Nine Golden Habits in Shaping Students’ Religious Character,” Zona Education Indonesia, vol. 1, no. 3, pp. 168–176, 2023.

A. J. Firman and N. Hidayat, “Strengthening Character Education Based on Golden Habits at SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta,” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, vol. 18, no. 2, pp. 189–210, Dec. 2020, doi: 10.21154/cendekia.v18i2.1886.

Downloads

Published

2024-12-30