Analisis pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk nilai-nilai religius

Authors

  • Zulfa Laila Universitas Ahmad Dahlan
  • Najwa Nidaan Khofiyya Yarmouk University

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v5i2.11209

Keywords:

Pembelajaran, Nilai religius, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Tinggi

Abstract

Nilai-nilai religius berperan menjaga mahasiswa dalam menghadapi masalah dan tantangan pada masa studi di perguruan tinggi. Nilai religius berkaitan dengan desain pembelajaran yang dikembangkan untuk dipelajari oleh mahasiswa. Namun, nilai religius belum terinternalisasi dalam diri mahasiswa dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk nilai-nilai religius mahasisiwa. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Ilmu Hadits, Universitas Ahmad Dahlan. Analisis data dilakukan dengan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada pembelajaran Ibadah, Akhlak, dan Muamalah memiliki peran dalam memberikan pengetahuan, pemahaman, pengamalan, dan kesadaran nilai-nilai religius mahasiswa. Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyah dilaksanakan secara terstruktur dan integratif yang mencakup kajian teoretis dan praktik terbukti efektif dalam menginternalisasikan nilai-nilai. Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang berorientasi pada internalisasi nilai-nilai religius menjaga mahasiswa dari perilaku-perilaku yang kurang baik di kampus dan masyarakat.

References

B. Prasetiya dan Y. M. Cholily, Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication, 2021.

A. Sahruli, R. Widodo, dan B. Budiono, “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius,” Jurnal Civic Hukum, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2017.

M. Ummah, “Metode penanaman nilai-nilai religius dalam keluarga untuk meningkatkan kesadaran beragama remaja di Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal,” 2023, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

M. F. Mashuri dan A. Sulaiman, “Eksplorasi Komitmen Organisasi Karyawan pada Amal Usaha Pendidikan Muhammadiyah: Studi Indigenous Psychology,” Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, vol. 4, no. 1, pp. 57–66, 2021.

R. Fithri dan N. Wilyanita, “Kontribusi Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan (Aik) Terhadap Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Gurindam 12),” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp. 111–119, 2022.

A. F. Sayyidah, R. N. Mardhotillah, N. A. Sabila, dan S. Rejeki, “Peran religiusitas Islam dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis,” Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, vol. 13, no. 2, pp. 103–115, 2022.

H. B. Susilo, D. A. Permadi, F. A. Ubaidillah, dan N. Hasan, “Religiusitas dan perilaku prososial santri,” PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, vol. 3, no. 1, pp. 16–22, 2023.

N. Rahmah Amini, N. Naimi, dan S. Ahmad Sarhan Lubis, “Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, vol. 11, no. 2, pp. 359–372, 2019, doi: 10.30596/intiqad.v11i2.3265.

H. Hermawan dan N. Nasruddin, “Implementasi kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan perspektif multikultural,” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), vol. 8, no. 2, pp. 151–162, Dec. 2022, doi: 10.37729/jpse.v8i2.2511.

A. Andriyani, A. Nata, dan D. Saefuddin, “Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Melalui Model Student Centered Learning (SCL) di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta,” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, p. 141, Sep. 2014, doi: 10.32832/tadibuna.v3i2.591.

M. I. Dacholfany dan I. Iswati, “Implementasi Kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam Membangun Karakter Mahasiswa,” Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, vol. 6, no. 1, p. 74, Jun. 2021, doi: 10.24127/jlpp.v6i1.1678.

H. Hasanuddin, Abd. Rahman, H. Mubarak, dan R. Saputra, “Studi Kritis Terhadap Sistem Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” JOEL: Journal of Educational and Language Research, vol. 2, no. 5, 2022.

F. P. Meilinda dan A. Absori, “Implementation of Al-Islam and Kemuhammadiyahan (AIK) Based on Wasathiyah Islam in Muhammadiyah Higher Education (PTM),” Al-Afkar: Journal of Islamic Studies, vol. 7, no. 4, pp. 677–686, 2024.

R. Fithri, N. Wilyanita, dan K.- Murdy, “Kontribusi Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) Terhadap Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Gurindam 12),” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 8, no. 1, p. 111, Jul. 2022, doi: 10.24014/potensia.v8i1.16921.

H. Hermawan, “Nilai-nilai Profetik dalam Pembelajaran AIK (Al-Islam Dan Kemuhamadiyahan) di Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” TAMADDUN, vol. 24, no. 1, p. 049, Jan. 2023, doi: 10.30587/tamaddun.v24i1.5892.

I. Supriyatin, D. Mutammimah, dan J. Juleha, “Penguatan Nilai-Nilai Islami dalam Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) pada Pascasarjana UMT,” Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences, vol. 2, no. 3, pp. 128–133, Jul. 2024, doi: 10.62083/tr8bcz40.

Y. Hidayat dan N. J. Purwanto, “Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” Alhamra Jurnal Studi Islam, vol. 3, no. 2, p. 103, Oct. 2022, doi: 10.30595/ajsi.v3i2.12284.

B. Baidarus, T. Hamami, F. M. Suud, dan A. S. Rahmatullah, “Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter,” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, vol. 4, no. 1, p. 71, Jan. 2020, doi: 10.24269/ajbe.v4i1.2101.

T. Saswandi dan A. P. Sari, “Analisis penerapan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan,” Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 5, no. 1, p. 27, Jun. 2019, doi: 10.29210/120192327.

P. Handoko, T. K. Akbar, dan D. Setiyawan, “Implementasi Pendidikan AIK dalam Membentuk Akhlak Mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” Borobudur Educational Review, vol. 4, no. 2, pp. 34–46, Nov. 2024, doi: 10.31603/bedr.11796.

M. Hum. Rahmadi Wibowo S., Lc., M.A., “Rencana Pembelajaran Semester,” pp. 1–5, 2021.

L. J. Moleong dan L. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, 2019.

B. Arianto, “Triangulasi Metoda Penelitian Kualitatif,” 2024.

M. I. Faturrahman, “Urgensi kurikulum ISMUBA dalam membentuk karakter siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah,” Journal of Islamic Education and Innovation, pp. 47–55, Jun. 2022, doi: 10.26555/jiei.v3i1.6428.

D. R. T. Suparman, Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit CV. Sarnu Untung, 2020.

F. A. Firdaus dan H. Husni, “Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Pesantren dalam Mewujudkan Pendidikan yang Bekualitas,” Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, vol. 15, no. 1, p. 83, Jul. 2021, doi: 10.36667/tf.v15i1.703.

S. Anwar, “Developing a Philosophy of Scientific Advancement in Muhammadiyah Higher Education Institutions Based on Al-Islam and Kemuhammadiyahan (AIK) Principles,” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, vol. 17, no. 1, Jul. 2021, doi: 10.18196/afkaruna.v17i1.9017.

Majelis Diktilitbang, P.P. Muhammadiyah, “Pedoman Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pp. 1–45, 2013.

H. Huda, “Membangun Karakter Islami Melalui Al Islam dan Kemuhammadiyahan [Studi Analisis Perpres Nomer 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)],” Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, pp. 55–70, 2019.

M. A. Subarkah dan E. Kurniyati, “Implementasi Sikap Kesalehan Spiritual Dan Sosial Pada Mata Kuliah Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan,” Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2021.

W. Aprilia, “Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum,” Islamika, vol. 2, no. 2, pp. 208–226, 2020, doi: 10.36088/islamika.v2i2.711.

M. Ahsanulkhaq, “Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan,” Jurnal Prakarsa Paedagogia, vol. 2, no. 1, 2019.

T. Tukinem dan W. Waharjani, “Mendidik anak dalam perspektif Islam (Kajian syarah Riyadhu-sh-Shalihin),” Journal of Islamic Education and Innovation, pp. 39–49, 2020.

D. P. Oktari dan A. Kosasih, “Pendidikan karakter religius dan mandiri di pesantren,” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 28, no. 1, p. 42, 2019.

F. Auliya, Y. K. S. Pranoto, dan A. Sunarso, Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Penerbit NEM, 2020.

Z. Al-Ghazali, Problematika muda-mudi: Zainab Al-Ghazali menjawab. Gema Insani, 2000.

M. S. Rambe, W. Waharjani, dan D. Perawironegoro, “Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Islam,” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 37–48, 2023, doi: 10.31000/jkip.v5i1.8533.

A. Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

M. A. M. P. Syarifah Rahmah, “Urgensitas Nilai Pendidikan Agama Islam Dan Lingkungan Pendidikan Dalam Membentuk Budaya Religius,” Jurnal al-Hikmah, vol. 11, no. 1, pp. 116–133, 2022.

A. N. Phafiandita, A. Permadani, A. S. Pradani, dan M. I. Wahyudi, “Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas,” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, vol. 3, no. 2, pp. 111–121, 2022.

Downloads

Published

2024-12-30