Instrumen Penelitian Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.4620

Keywords:

Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang instrumen penelitian dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP di Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini adalah beberapa siswa di Banten, Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen Numbered Head Together dan  kemampuan komunikasi matematika siswa. Data dianalisis dengan teknik korelasi regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematika.

References

Adi, A., Arifin, S., & Rahman, B. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 117-126.
[2] Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2)
[3] Dewi, R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 17 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Makassar).
[4] Fitrianna, A. Y., & Anita, I. W. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Assessment for Learning (AFL) Teman Sejawat untuk Kemampuan Matematis Siswa SMP. JURNAL e-DuMath, 3(2).
[5] Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.Diakses dari: https://books.google.co.id/books?id=nhwaCgAAQBAJ&lpg=PR6&ots=FEY3Zic8Au&dq=Dalam%20penelitian%20ini%20penulis%20menggunakan%20pendekatan%20kuantitatif.%20Sementara%20metode%20yang%20digunakan%20adalh%20metode%20survei&lr&hl=id&pg=PR5#v=onepage&q=survei&f=false
[6] Kurnia, R. N., Setiawani, S., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas vii c smp negeri 1 rogojampi tahun pelajaran 2014/2015. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA, I (1): 1-6
[7] Mahmudi, A. (2006). Pengembangan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran matematika. Yogyakarta: UNY.\
[8] Pratiwi. R. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan KemampuanKomunikasi Matematika Peserta DidikKelas Viii Smpn 2 TambangKabupaten Kampar (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2010). Diakses dari: http://repository.uin-suska.ac.id/998/
[9] Pratiwi. R. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan KemampuanKomunikasi Matematika Peserta DidikKelas Viii Smpn 2 TambangKabupaten Kampar (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2010). Diakses dari: http://repository.uin-suska.ac.id/998/
[10] Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
[11] Syaban, M. (2008). Menumbuh kembangkan daya matematis siswa. Educare. Diakses dari:http://educare.efkipunla.net/index.php?option=com_content&task=view&id=62&

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Kusumawati, Y. (2022). Instrumen Penelitian Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.4620

Issue

Section

Articles