Manajemen Hubungan Pelanggan Grameen Bank Produk untuk Pemberdayaan Pengusaha Perempuan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nada Arina Romli Universitas Negeri Jakarta
  • Khairunnisa Rosdiani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v1i1.4744

Keywords:

Grameen, Bank, Syariah, Ecomonic, Empowerment, Women

Abstract

Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Sektor perekonomian juga terhambat. Akibatnya banyak suami yang kehilangan pekerjaan karena PHK atau meninggal dunia akibat Covid-19, sehingga banyak perempuan yang terpaksa menjadi tulang punggung menghidupi keluarga. Produk PMD Grameen Bank merupakan salah satu solusi bank syariah untuk membantu para ibu menjadi wirausaha guna membantu perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Customer Relationship Management yang dilakukan Bank Syariah dalam melakukan penetrasi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan penelitian menggunakan studi kasus dan analisis interaksi simbolik oleh George Herbert Mead. Pengumpulan data Teknik yang digunakan adalah studi wawancara, observasi, studi literatur jurnal, dan pemberitaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pemasaran yang digunakan adalah model pemasaran 360 derajat. (1) Pengembangan komunitas UKM. Pengembangan komunitas ini diawali dengan memanfaatkan opinion leader untuk mengumpulkan perempuan UKM di lingkungan sekitar yang berminat mengikuti pelatihan. Mereka mengadakan pertemuan (PRS) setiap dua minggu sekali untuk memberikan edukasi mengenai produk yang ditawarkan dan pendidikan kewirausahaan. Selanjutnya masyarakat diberikan pelatihan singkat selama dua minggu untuk melihat semangat dan keseriusan mereka dalam berbisnis. Penilaian secara individu dan kelompok kembali dilakukan untuk melihat apakah kelompok binaan layak mendapatkan pendanaan usaha (2) Penggunaan opinion leader untuk membujuk orang-orang disekitarnya agar tertarik mengikuti program PMD. Opinion leader yang digunakan adalah ketua PKK, ketua RT, RW, atau perangkat desa. (3) Penetrasi pasar juga dilakukan melalui pemasaran digital dengan menggunakan grup Whatsapp komunitas.

References

Ardianto, Elvinaro & Bambang Q.Anees.(2016). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arif, M Nur Rianto Al, Titin Nurasiah. (2015). Customer Relationship Management dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Bank Nasabah: Studi Pada Bank Muamalat Indonesia. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 5, No 1, April

Creswell, JW (2012). Desain Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Farhan, Ibnu. (2019) Respon Agama Terhadap Persoalan Sosial Ekonomi: Studi Terhadap Grameen Bank. Analisis: Jurnal Studi Keislaman Volume 19. No. 2, Juni 2019, h. 265-278

Ismail, Magma Zulfiqar, Sulhaini, Handry Sudiartha Athar. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Product Knowledge dan Loyalty Intention Pada Nasabah PT Bank BNI Syariah Cabang Mataram. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram Volume 8 – Edisi 3 – September.

Nurhayati. (2016). Kewirausahaan Sosial Muhammad Yunus “Grameen Bank. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan Vol. 2 Nomor 12016 :31-48

Rafsanjani, Haqiqi. (2017). Studi Kriris Pemikiran Muhamad Yunus tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2, No.1, 2017

Rahmadewi, Triyani, Naili Farida dan Reni Shinta Dewi. (2015). Pengaruh CRM dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Brand Trust Pada PT Nasmoco Pemuda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 4, Nomor 3

Ritzer, G., & Goodman, DJ (2018). Teori sosiologis : Dari teori sosiologis klasik sampai perkembangan perubahan teori sosial posmodern . Yogyakarta: Kreasi Wacana

Santiko, Irfan. (2013). Analisis Customer Relationship Management di PT JC Indonesia Yogyakarta (Studi Kasus Penanganan. Jurnal Pro Bisnis Vol. 6 No.2 Agustus

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Widyarto, Arief, Yuyus Suryana, Meydia Hasan. (2015). Pengaruh Kinerja Atribut Produk dan Customer Relationship Management , Terhadap Pangsa Pelanggan Industri Kain Tekstil di Pulau Jawa. Jurnal Bisnis & Manajemen, 2015, Jil. XVI, No.2, 109-117

Yuliani, Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal Quanta Vol. 2, No.2, Mei 2018

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-54453523 (diakses pada 4 Juni 2021)

https://mediaindonesia.com/ekonomi/348732/tingkat-kemiskinan-ekstrem-indonesia-diperkirakan-meningkat (diakses pada 4 Juni 2021)

https://mediaindonesia.com/opini/374333/dampak-covid-19-pada-ekonomi-perempuan (diakses pada 4 Juni 2021)

https://carapandang.com/read-news/btpn-syariah-bantu-masyarakat-prasejahtera-jauhi-garis-kemiskina (diakses pada 19 Juni 2021).

Downloads

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles