Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berinfak Secara Online

Authors

  • Ira Humaira Hany Universitas Airlangga
  • Sri Herianingrum Universitas Airlangga
  • Fitria Nurma Sari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v3i2.10620

Keywords:

Contract; Theory of Planned Behavior; Theory Acceptance Model; Intention; Infaq

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan dua teori yakni Theory of Planned Behavior (TPB) dan Theory Acceptance Model (TAM). Variabel-variabel yang digunakan merupakan variabel asli yang ada pada TPB dan TAM yang berjumlah enam variabel. Keenam variabel tersebut yakni; Sikap (Attitude), Norma Subjektiv (Subjective Norm), Persepsi Kontrol Perilaku (Perceived Behavior Control), Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Behavior Control), Persepsi Kegunaan (Peceived Usefulness) dan Intention to Use yangmana Attitude sebagai variabel intervening dalam penelitian ini. Keenam variabel tersebut digunakan untuk meneliti niat penggunaan digital platform untuk berinfak online pada masyarakat Musim Surabaya, dimana hal tersebut masih berhubungan dengan teknologi. Selanjutnya penelitian ini akan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi niat menggunakan digital platform untuk berinfak online. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian eksplanatori dengan teknik analisis data yang menggunakan pendekatan PLS. Data diperoleh dari hasil sebar kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria penelitian. Terdapat 130 sample yang diperoleh dan digunakan dalam penelitian ini yang dianalisis dengan menggunakan metode PLS dengan software smartPLS. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya: Attitude dan subjective norm berpengaruh signifikan terhadap Intention, perceived behavior control dan perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap Intention, attitude tidak signifikan memediasi hubungan antara perceived ease of use dan intention. Yang berarti, perceived ease of use secara tidak langsung, tidak signifikan mempengaruhi intention, melalui attitude., atitude signifikan memediasi hubungan antara perceived usefulness dan intention. Dengan kata lain, perceived usefulness secara tidak langsung, signifikan mempengaruhi intention, melalui attitude.

References

Davis. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use and user acceptance of information technology.

Departemen Agama RI. (2002). Al-Quran.

Diani, M. (2017). Pengukuran Minat Pengguna terhadap Penggunaan Aplikasi City113 Berdasarkan Decomposed Theory of Planned Behavior pada Kota Surabaya. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Tekonologi Sepuluh November.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading. MA: Addison-Wesley.

Ghazali, I. (2004). Structural Equation Modeling: Metod eAlternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0. semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, A. A., Rozak, F. Z., Bakar, A. A., & Abdullah, W. S. (2016). The Effects of Perceived Usefulness And Perceived Ease Of Use On Continuance Intention To Use E-Government. Procedia Economics and Finance, 645.

Hasil survei Pengguna Internet Indonesia APJII 2022. (2022, 09). Retrieved from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII): https://apjii.or.id/content/read/39/559/Hasil-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022

Karuniaputri, M. R., Dwihapsari, R., Huda, N., & Rini, N. (2020). Intensi Perilaku dan Religiusitas Generasi Millenials Terhadap Keputusan Pembayaran Zis Melalui Platform Digital. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15-22.

KNKS. (2019). Tumbuh Bersama, Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pemerataan Zakat. Insight Buletin Ekonomi Syariah.

Kumari, A., & Devi, N. (2021). Blockchain technology acceptance by investment professionals: a decomposed TPB model. Journal of Financial Reporting and Accounting.

Niswah, F. M., Mutmainah, L., & Legowati, D. A. (2019). Muslim Millenial's Intention of Donating for Charity Using Fintech Platform. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 623-644.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, H. (2011). Fiqh Muamalah. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wang, K., Hemmen, S. F., & Criado, J. R. (2022). The behavioural intention to use MOOCs by undergraduate students: incorporating TAM with TPB. International Journal of Educational Management.

Yang, H., Lee, H., & Zo, H. (2017). User acceptance of smart home services: an extension of the theory of planned behavior. Industrial Management & Data Systems.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles