Pengaruh Kepercayaan, Kenyamanan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Melalui Tiktok Shop dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Muhammadiyah Jember)

Authors

  • Dhofir Catur Bashori Univeristas Muhammadiyah Jember
  • Rintan Dewanty Nur Dermawan Univeristas Muhammadiyah Jember
  • Siti Khayisatuzahro Nur Univeristas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v3i2.10591

Keywords:

Persepsi Resiko; Tiktok Shop; Pengaruh Kepercayaan; Pengaruh Kenyamanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan, kenyamanan dan persepsi risiko terhadap minat beli secara signifikan. Dalam mengumpukan data pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner, dengan teknik purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Software SPSS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli melalui Tiktok Shop dalam perspektif ekonomi Islam, sedangkan kenyamanan dan persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli melalui tiktok Shop dalam perspektif ekonomi Islam.

Author Biographies

Rintan Dewanty Nur Dermawan, Univeristas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah

Siti Khayisatuzahro Nur, Univeristas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah

References

Maulidiyah, N. (2021). Pegaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Keamanan terhadap Minat Beli Online melaui Media Sosial (Studi pada Konsumen Online Shop).

Muawiyah , U., Alrasyid , H., & Anwar, S. a. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kenyamanan, dan persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Online melalui Tiktok Shop dalam Prspektif ekono Islam (Studi Kasus Mahasiswa Universitas slamMalang). El-Aswaq: Islamic Economic and Finance Journal, 4.

Purnama, Y. (2021, Desember). Syarat dan Rukun Jual Beli. Retrieved from muslim.or.id.

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena , K. R. (2019). Pengaruh kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Produk Pakaian secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Uniksha, 11.

Zurohman , A., & Rahayu, E. (2019, Januari). Jual Beli Online dalam Perspektif Islam. 5, 22.

Kurniawan, M. U., & Ashadi, F. (2018, November ). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja Online pada Mahasiswa di Kabupaten Jember. jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi-Sosial, 2 No.2

Ulfa Muawiyah Harun Alrasyid dkk (2023), Pengaruh Kepercayaan, Kenyamanan, dan Persepsi resiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Tiktok Shop dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Islam Malang). Jurnal El-Aswaq: Islamic Economic anda Financial Jurnal, Vol. 4, No. 1.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles