Hubungan pengetahuan, fasilitas sarana, dan dukungan keluarga dengan perilaku keselamatan mengemudi (safety driving) pada driver pandawa taksi
DOI:
https://doi.org/10.12928/posh.v1i1.6400Keywords:
Fasilitas, Dukungan Keluarga, Pengetahuan, Keselamatan BerkendaraAbstract
Safety driving suatu perilaku yang memiliki keterampilan dalam mengemudi aman dengan tujuan untuk meminimalisir serta menghindari adanya insiden lalu lintas. Masalah yang ditemukan pengetahuan driver taksi pandawa terhadap perilaku safety driving tergolong kurang baik. Hal ini terlihat dari perilaku driver yang masih melanggar aturan lalu lintas seperti melaju kecang dengan kecepatan 80km/jam, menerima panggilan telepon kerika sedang mengemudi, tidak menggunakan safety belt dan juga mengalami kecelakaan ringan hingga berat seperti enabrak trotoar, menabrak pohon, bahkan menabrak pengguna jalan lainnya. Mengetahui hubungan perilaku keselamatan mengemudi (safety driving) pada driver Pandawa Taksi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah driver taksi Pandawa berjumlah 60 orang dan menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan chi square test. Berdasarkan hasil yang didapatkan ada hubungan antara pengetahuan driver taksi pandawa dengan perilaku safety driving (P-Value 0.000). Fasilitas sarana driver terhadap perilaku mengemudi aman sebanyak 31 driver (51.7%) yang sesuai. Sehingga ada hubungan antara fasilitas dan sarana terhdapa perilaku safety driving pada driver taksi Pandawa. Hubungan dukungan keluarga dengan perilaku safety driving (P-Value 0.016) dinyatakan ada hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan perilaku safety driving pada driver taksi Pandawa.
References
Bappeda, DIY. (2019). "Aplikasi Data Vertikal Kepolisian Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta." Bappeda JogjaProv. Desember. Accessed Maret 20, 2020.http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/548-data-kecelakaan-dan pelanggaran-lalu-lintas.
Dephub, R. I. (2011). Kecelakaan Lalu Lintas Tempati Urutan Tiga Penyebab Kematian. Jakarta: Pusat Komunikasi Publik. Diakses melalui http://www. dephu. go. id tanggal, 20.
Dkatadata. (2017). "Sepanjang 2017 Terjadi 98 Ribu Kali Kecelakaan Lalu Lintas." Dkatadata.co.id. Accessed Januari 8, 2020. https://databoks.katadata.co.id.
Febrina, N. E., Kurniawan, B., & Ekawati, E. (2016). Analisis Kesiapsiagaan Safety Driving Pada Pengemudi Mobil Pribadi Di Rute Tol Cipali (Cikopo–Palimanan). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(4), 717-722.
Hakim, L., & Nuqul, F. L. (2011). Analisa sikap terhadap aturan lalu-lintas pada komunitas bermotor. Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 93-103.
Heinrich, H., & Peterson, D. (1980). Roos N. Industrial Accident Prevention. New York: Mc. Grow Hill Book Company.
International Kompas. (2018). "WHO Kecelakaan Lalu Lintas". Diakses 8 Juli 2020.https://internasional.kompas.com/read/2018/12/07/13032721/who-tia24-detik-satu-orang-tewas-akibat-kecelakaan-lalu-lintas?page=all (accessed Juli 20, 2020)
Manurung, J., Sitorus, M. E., & Rinaldi, R. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (Go-Jek) di Kota Medan Sumatera Utara. Journal of Health Science and Physiotherapy, 1(2), 91-99.
Notoatmodjo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Puspitasari, A. D. (2013). Hubungan antara faktor pengemudi dan faktor lingkungan dengan kepatuhan mengendarai sepeda motor pada mahasiswa fkm unair tahun 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Puteri, A. D. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku safety driving pada supir travel di pt. Libra wisata transport. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 1-10.
Rinto, R. (2014). Tertib Berlalu Lintas. Yogyakarta. Shafa Media.
Rifal, A. D. C. (2015). Faktor risiko yang berhubungan dengan kecelakaan lalu lintas pada pengemudi bus (studi pada bus po jember indah trayek jember-situbondo).
Rukfiati, D. A. (2010). Hubungan umur, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan teman kerja, dengan praktik safety riding pada karyawan bisnis development representatif (BDR) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
No, U. U. (22). tahun 2019 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta, Republik Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Machfudz Eko Arianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with POSH (Periodicals of Occupational Safety and Health) agree to the following terms:
- All articles published are Open Access which means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under the Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors have the right to retain patent, trademark, and other intellectual property rights (including research data).
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the POSH (Periodicals of Occupational Safety and Health), the Editors, and the Editorial Board Members of the POSH (Periodicals of Occupational Safety and Health) make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the POSH (Periodicals of Occupational Safety and Health) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.