Hubungan pengetahuan, fasilitas sarana, dan dukungan keluarga dengan perilaku keselamatan mengemudi (safety driving) pada driver pandawa taksi

Authors

  • Esa Ariyandi Mahardika Universitas Ahmad Dahlan
  • Machfudz Eko Arianto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/posh.v1i1.6400

Keywords:

Fasilitas, Dukungan Keluarga, Pengetahuan, Keselamatan Berkendara

Abstract

Safety driving suatu perilaku yang memiliki keterampilan dalam mengemudi aman dengan tujuan untuk meminimalisir serta menghindari adanya insiden lalu lintas. Masalah yang ditemukan pengetahuan driver taksi pandawa terhadap perilaku safety driving tergolong kurang baik. Hal ini terlihat dari perilaku driver yang masih melanggar aturan lalu lintas seperti melaju kecang dengan kecepatan 80km/jam, menerima panggilan telepon kerika sedang mengemudi, tidak menggunakan safety belt dan juga mengalami kecelakaan ringan hingga berat seperti enabrak trotoar, menabrak pohon, bahkan menabrak pengguna jalan lainnya. Mengetahui hubungan perilaku keselamatan mengemudi (safety driving) pada driver Pandawa Taksi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah driver taksi Pandawa berjumlah 60 orang dan menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan chi square test. Berdasarkan hasil yang didapatkan ada hubungan antara pengetahuan driver taksi pandawa dengan perilaku safety driving (P-Value 0.000). Fasilitas sarana driver terhadap perilaku mengemudi aman sebanyak 31 driver (51.7%) yang sesuai. Sehingga ada hubungan antara fasilitas dan sarana terhdapa perilaku safety driving pada driver taksi Pandawa. Hubungan dukungan keluarga dengan perilaku safety driving (P-Value 0.016) dinyatakan ada hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan perilaku safety driving pada driver taksi Pandawa.

References

Bappeda, DIY. (2019). "Aplikasi Data Vertikal Kepolisian Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta." Bappeda JogjaProv. Desember. Accessed Maret 20, 2020.http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/548-data-kecelakaan-dan pelanggaran-lalu-lintas.

Dephub, R. I. (2011). Kecelakaan Lalu Lintas Tempati Urutan Tiga Penyebab Kematian. Jakarta: Pusat Komunikasi Publik. Diakses melalui http://www. dephu. go. id tanggal, 20.

Dkatadata. (2017). "Sepanjang 2017 Terjadi 98 Ribu Kali Kecelakaan Lalu Lintas." Dkatadata.co.id. Accessed Januari 8, 2020. https://databoks.katadata.co.id.

Febrina, N. E., Kurniawan, B., & Ekawati, E. (2016). Analisis Kesiapsiagaan Safety Driving Pada Pengemudi Mobil Pribadi Di Rute Tol Cipali (Cikopo–Palimanan). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(4), 717-722.

Hakim, L., & Nuqul, F. L. (2011). Analisa sikap terhadap aturan lalu-lintas pada komunitas bermotor. Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 93-103.

Heinrich, H., & Peterson, D. (1980). Roos N. Industrial Accident Prevention. New York: Mc. Grow Hill Book Company.

International Kompas. (2018). "WHO Kecelakaan Lalu Lintas". Diakses 8 Juli 2020.https://internasional.kompas.com/read/2018/12/07/13032721/who-tia24-detik-satu-orang-tewas-akibat-kecelakaan-lalu-lintas?page=all (accessed Juli 20, 2020)

Manurung, J., Sitorus, M. E., & Rinaldi, R. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (Go-Jek) di Kota Medan Sumatera Utara. Journal of Health Science and Physiotherapy, 1(2), 91-99.

Notoatmodjo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspitasari, A. D. (2013). Hubungan antara faktor pengemudi dan faktor lingkungan dengan kepatuhan mengendarai sepeda motor pada mahasiswa fkm unair tahun 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Puteri, A. D. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku safety driving pada supir travel di pt. Libra wisata transport. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 1-10.

Rinto, R. (2014). Tertib Berlalu Lintas. Yogyakarta. Shafa Media.

Rifal, A. D. C. (2015). Faktor risiko yang berhubungan dengan kecelakaan lalu lintas pada pengemudi bus (studi pada bus po jember indah trayek jember-situbondo).

Rukfiati, D. A. (2010). Hubungan umur, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan teman kerja, dengan praktik safety riding pada karyawan bisnis development representatif (BDR) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

No, U. U. (22). tahun 2019 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta, Republik Indonesia.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Mahardika, E. A. ., & Arianto, M. E. (2022). Hubungan pengetahuan, fasilitas sarana, dan dukungan keluarga dengan perilaku keselamatan mengemudi (safety driving) pada driver pandawa taksi . Periodicals of Occupational Safety and Health, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.12928/posh.v1i1.6400

Issue

Section

Articles