PASEMON: WUJUD KEELEGANAN TUTURAN DIREKTIF MASYARAKAT JAWA

Authors

  • Astiana Ajeng Rahadini Prodi Bahasa Jawa Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/mms.v1i1.1641

Keywords:

Pasemon, Tindak Tutur Direktif, Masyarakat Jawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang 1) wujud pasemon yang menyatakan direktif; 2) makna pasemon; 3) sisi keeleganan dalam pasemon direktif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu pasemon yang digunakan di lingkungan masyarakat Jawa khususnya di wilayah Surakarta terutama untuk pasemon yang digunakan untuk meminta dan menyuruh (direktif). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi pustaka. Uji validitas data menggunakan uji triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan data hasil observasi dan data hasil studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik dasar dan teknik lanjutan dalam metode padan. Hasil analisis menunjukkan bahwa wujud pasemon direktif berupa tindakan dan ucapan. Sisi keeleganan terdapat pada ungkapan meminta dan memerintah yang dilakukan secara tidak langsung sehingga membuat mitra tutur tetap merasa dihormati.

 

 

References

Eelen, Gino. (2001). A critique of politeness theories. Manchester: St. Jerome Publishing.
Endraswara, Suwardi. (2010) “Folklor Jawa, Macam, Bentuk, dan Nilainya.” Jakarta: Penaku.
Hadiatmaja, Sarjana dan Endah, Kuswa. (2009). Pranata Sosial dalam Masyarakat Jawa. Yogyakarta: Grafika Indah.
Herusatoto, Budiono. 2008. Simbolisme Jawa. Yogyarakarta: Ombak.
Rahadini, Astiana Ajeng & Suwarna. (2014). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa di SmP N 1 Banyumas. Jurnal Lingtera Vol 1 Nomor 2 (136-144).
Setiawan, Wing & M. Andy Nurmansyah. (2014). Pasemon dalam Kesenian Kentrung sebagai Pendidikan Karakter: Nilai Luhur dalam Kesenian Tradisi Lisan Jawa. Jurnal Studi Sosial No 6 Vol 2 (133-139).
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Poerwadarminta, W.J.S. (1939). Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolters Uitgevers-Maatschappij.
Purwo, Bambang Kaswanti. (1994). PELLBA 7: Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atma Jaya: Ketujuh (Analisis Klausa, pragmatik wacana, pengkomputeran bahasa). Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2020-01-31