Analisis Tindak Tutur Ilokusi Puisi “Tuhan, Aku Cinta pada-Mu” Karya W.S. Rendra
DOI:
https://doi.org/10.12928/mms.v6i2.13843Keywords:
Ilokusi, Pragmatik, Tindak tutur, Tuhan, Aku Cinta pada-Mu, W.S. RendraAbstract
Setiap penyair menghasilkan karya-karya sastra yang mengandung pemaknaan mendalam di dalamnya. Termasuk juga para penyair puisi yang menciptakan puisi indah penuh makna melalui diksi-diksi di dalamnya. Salah satunya adalah W.S. Rendra yang melalui karya terakhirnya berjudul “Tuhan, Aku Cinta pada-Mu” mencoba untuk menyampaikan makna-makna mendalam terkait hubungannya dengan Tuhan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis makna dalam puisi “Tuhan, Aku Cinta pada-Mu” melalui pendekatan tindak tutur. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data berupa simak catat, kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis data berupa padan pragmatis. Teori yang digunakan adalah teori tindak tutur dari Searle (1969). Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dalam puisi “Tuhan, Aku Cinta pada-Mu” terdapat 8 (delapan) data kontruksi klausa yang terindikasi mengandung tindak tutur. Kedelapan data tersebut dikategorikan sebagai tindak tutur asertif, dengan jumlah 6 (enam) berjenis menyatakan, 1 (satu) data berjenis mengklaim, dan 1 (satu) berjenis mengeluh. Dapat disimpulkan, W.S. Rendra melalui puisi “Tuhan, Aku Cinta pada-Mu” menyampaikan makna terkait hubungannya dengan Tuhan secara asertif dan didominasi menyatakan. Hal ini dapat dimaknai bahwa saat membahas tentang hubungannya dengan Tuhan, itu bersifat personal karena selalu menggunakan subjek aku.
References
Anwarsani, Markiah, Muliani, W., Lynet, Perasi, Salwa, N., & Kausar, L. Al. (2023). Fonologi dalam Konteks Puisi untuk Menyajikan Materi Pembelajaran yang Menarik dan Menginspirasi. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 251–263. https://doi.org/10.61132/fonologi.v1i4.351
Austin, J. L. (1962). How to Do Things with Words. Clarendon Press.
Azzahra, M. N. (2025). Struktur Batin dalam Puisi “Tuhan, Aku Cinta Padamu” Karya W.S Rendra, dan “Dongeng Kucing” Karya Sapardi Djoko Damono. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 244–251. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/3876/4078
Badan Bahasa. (2022). W.S. Rendra. https://badanbahasa.kemendikdasmen.go.id/tokoh-detail/3302/w.s.-rendra
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Hartanti, Z. (2021). Tindak Tutur dan Deiksis Pada Puisi Ashadu Anla Imra’ata Illa Anti Karya Nizar Qabbani (Studi Analisis Pragmatik). UIN Salatiga.
Hutabarat, G., Ningsih, A. W., & Sinambela, H. D. A. (2020). Penggunaan Bahasa Dalam Mengekspresikan Emosi Kegembiraan Dalam Film the Beauty Inside. Jurnal SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED), 9(2), 1–13. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/sasindo/article/view/21065
Launjaea, L. (2024). Pengaruh Deklamasi Puisi dalam Pemahaman Makna Puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(1), 55–62. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i1.14017
Malik, C. (2017). Layla Seribu Malam Tanpamu. PT Bentang Pustaka.
Muntazir, M. (2017). Struktur Fisik dan Struktur Batin Pada Puisi Tuhan, Aku Cinta Padamu Karya WS Rendra. Jurnal Pesona, 3(2), 208–223. https://doi.org/10.26638/jp.448.2080
Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik: Tindak Tutur dalam Media Sosial. Yayasan Pendidikan dan Sosial.
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Octorina, I. M., Karwinati, D., & Aeni, E. S. (2018). Pengaruh Bahasa Di Media Sosial. 1(September), 727–736. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1000
Pradopo, R. D. (2010). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press.
Puspitaningsih, L., & Monalisa, M. (2024). Variasi Sebutan untuk Kucing dan Pemaknaannya dalam Akun Mention Confess (Menfess) @Kochengfs. Mimesis, 5(1), 60–77. https://doi.org/10.12928/mms.v5i1.9989
Rafiek. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Pustaka Widyatama.
Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.
Rendra, W. S. (2016). Doa untuk Anak Cucu. Bentang Pustaka.
Rismawati. (2017). Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan.
Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.33633/lite.v15i1.2382
Searle, J. R. (1969). Speech acts: An essay in the philosophy of language. Cambridge University Press.
Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Pujangga, 7(1), 96. https://doi.org/10.47313/pujangga.v7i1.1170
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyo, A. T., & Syihabuddin. (2023). Cinta: Objek dan Puisi (Konsep Cinta Erich Fromm dalam Puisi-puisi Karya W.S Rendra). Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 01–18. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.883
Suswandi, I. (2022). Pak ! : Analisis Tindak Tutur Ilokusi The Content of Sexuality in The Dialog of The Comedy Show An Analysis of Illocutionary Speech Acts. Mlangun: Jurnal Ilmiah Kebahasaan & Kesastraan, 19(2), 107–125. https://jurnalmlangun.kemdikbud.go.id/ojs2022/index.php/mlangun/article/view/17
Syahkila, N. A., Nanda, S. P. D., Maharani, T., & Harahap, S. H. (2024). Analisis Puisi “Seratus Untai Biji Tasbih” Karya Raudah Jambak dengan Pendekatan Pragmatik. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 320–327. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1765
Tempo. (2024). 15 Tahun Kepergian W.S. Rendra, Berikut Profil Sang Burung Merak. https://www.tempo.co/hiburan/15-tahun-kepergian-w-s-rendra-berikut-profil-sang-burung-merak-29098
Utomo, S. S. (2010). Kamus Lengkap Jawa-Indonesia. Kanisius.
Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi. PT Gramedia Widiasardana.
Wisdhani, I. A. (2019). Hal yang Dikritik, Sasaran Kritik, dan Jenis-Jenis Tindak Tutur dalam Puisi-Puisi W.S. Rendra. Universitas Tidar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Octaviani Putri, Andri Purwanugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Mimesis agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.








