Bahasa Slang dalam Media Sosial: Studi Kasus pada Takarir Unggahan Akun Instagram @gojekindonesia
DOI:
https://doi.org/10.12928/mms.v6i1.11979Keywords:
Instagram Caption , Slang Language, Social media, Sociolinguistics, @gojekindonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi penggunaan bahasa slang dalam takarir unggahan akun Instagram @gojekindonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik simak dan catat dalam takarir unggahan akun @gojekindonesia selama Juli hingga Oktober 2024. Penelitian ini melibatkan teori dari Chaer & Agustina (2014). Berdasarkan hasil penelitian, dari 35 data yang diperoleh, teridentifikasi berbagai bentuk dan fungsi bahasa slang. Bentuk bahasa slang terbagi dalam tujuh variasi, di mana neologisme (penciptaan kata baru) menjadi bentuk terbanyak yang ditemukan, yakni 11 data. Ada juga bentuk kontraksi sebanyak 7 data, peminjaman bahasa asing 7 data, peminjaman bahasa lokal 4 data, akronim 4 data, pemenggalan 1 data, dan singkatan 1 data. Penelitian ini juga mengidentifikasi tiga fungsi utama penggunaan bahasa slang, yaitu fungsi direktif, fungsi fatis, dan fungsi referensial. Fungsi bahasa slang yang paling dominan digunakan adalah fungsi fatis. Temuan ini menghasilkan bahwa penggunaan bahasa slang merupakan strategi komunikasi yang efektif untuk membangun kedekatan antara perusahaan baik dengan pengikut akun media sosialnya maupun pengguna Instagram secara luas, serta dapat menunjukkan kreativitas dalam berkomunikasi di media sosial.
References
Al Maarif, M. F., & Saddhon, K. (2023). Campur Kode pada Unggahan Akun Instagram @ganjar_pranowo: Kajian Sosiolingusitik. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 196–211. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1157
Ariefandi, F. (2024). Register Komunitas Jual-Beli Ponsel Cerdas di Grup Facebook: Studi Kasus Kota Yogyakarta. Journal of Literature and Education. Retrieved from https://jurnal.hiskikaltim.org/index.php/jle/article/view/28
Aqilah, F. F., & Saddhono, K. (2024). Variasi Bahasa Campur Kode dan Bahasa Gaul (Slang) dalam Platform Media Sosial X. 3(1). 10.33830/vokal.v3i1.7287.
Cahyani, B. D. I., Burhanuddin, & Jafar, S. (2020). Bentuk dan Fungsi Bahasa Slang pada Keterangan Foto Akun Lambe Turah di Media Sosial Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.40
Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta.
Fatta, M. M., & Tyas, T. P. (2024). Ragam Bahasa Gaul dalam Video Youtube Atta Halilintar. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v7i1.2937
Fauziah, E. R., Safitri, I. N., Rahayu, A. S. W., & Hermawan, D. (2021). Kajian Sosiolinguistik Terhadap Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial Twitter. BASINDO: Jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 5(2), 150. https://doi.org/10.17977/um007v5i22021p150-157
Firdausy, R. (2024). Pola, Makna, Serta Fungsi Pengaplikasian Slang Pada Kalangan Remaja Di Kabupaten/Kota Bandung. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/11513
Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(1), 110–125. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i1.3648
Hasanah, U., Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Netizen di Media Sosial Instagram. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 7(2). https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1255
Jannah, R. (2023). Tindak Tutur dalam Wacana Promosi Gojek pada Postingan Akun Instagram @Gojekindonesia [Skripsi]. Universitas Gadjah Mada.
Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. PT Gramedia.
Lapasau, M. (2015). Bahasa Ilmiah dalam Teks Iklan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jerman. Jurnal Sosioteknologi, 14(2).
Laksono, A., Khair, U., & Misriani, A. (2024). Penggunaan Bahasa KEN (CANT) Oleh Pengemis di Lingkungan Curup Rejang Lebong (Kajian Sosiolinguistik). e-theses.iaincurup.ac.id. Retrieved from http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6476
Luthfialana, M., & Hasyim, M. (2024). Fungsi Bahasa dalam Cerpen Berjuta Rasanya Karya Tere Liye: Perspektif Roman Jakobson. Bahasa: Jurnal Keilmuan. Retrieved from https://www.jurnal.ppjb-sip.org/index.php/bahasa/article/view/744
Mahfuddin, M. (2021). Perbedaan Pilihan Ekspresi Leksikal Erotisme antara Pengarang Pria dan Pengarang Wanita dalam Prosa Indonesia Tahun 2000-2021. repository.unhas.ac.id. Retrieved from https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/14739/
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, dan Tekniknya (Kedua). Rajawali Press.
Masdita, F. I., & Sawardi, F. X. (2023). Bentuk dan Pemakaian Kosakata Slang dalam Komunitas Sbyfess Pada Akun Twitter @Sbyfess: Suatu Kajian Sosiolinguistik. Nuansa Indonesia: Jurnal Ilmu Bahasa, Sastra, dan Filologi, 25(2). https://doi.org/10.20961/ni.v25i2.81783
Masitha, S. (2023). Karakteristik Morfologis Penggunaan Bahasa Indonesia Ragam Gaul dalam Media Sosial Tiktok= Morphological Characteristics of Indonesian Slang Usage in Tiktok. repository.unhas.ac.id. Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/31546/
Nurjanah, A. F., Khasanah, F., Mustikasari, G., Prastiwi, H. I., Amalina, I. C., & Rusiarti, T. E. (2021). Tindak Tutur Ilokusi Pada Postingan Akun Instagram Nkcthi. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 382. https://doi.org/10.20961/basastra.v9i2.52061
Pratamanti, E. D., M., Daryono, D., & Ulami’, M. D. (2021). Implikatur Pada Meme Islam di Instagram Sebagai Wujud Digitalisasi Media Dakwah: Kajian Pragmatik. Dinamika Sosial Budaya, 23(1).
Prayudi, S., & Nasution, W. (2020). Ragam Bahasa dalam Media Sosial Twitter: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Metamorfosa, 8(2). https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1140
Puspitaningsih, D. (2024). Perawatan Keluarga Pada Lansia Penderita Goutarthiritis Didusun Sumber Bendo Desa Sumber Tebu Bangsal Mojokerto. Medica Majapahit. Retrieved from http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/MM/article/view/1085
Puspitaningsih, L. & Monalisa. (2024). Variasi Sebutan untuk Kucing dan Pemaknaannyadalam Akun Mention Confess (Menfess) @Kochengfs. Jurnal Mimesis, 5(1). https://doi.org/10.12928/mms.v5i1.9989
Putri, Y. S., Basuki, R., & Djunaidi, B. (2021). Bahasa Gaul dalam Media Sosial Tiktok. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(3), 315–327. https://doi.org/10.33369/jik.v5i3.17159
SFN. (2024, September). Apa Arti Nebeng dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasannya [Website Blog]. Kumparan. https://kumparan.com/berita-hari-ini/apa-arti-nebeng-dalam-bahasa-gaul-ini-penjelasannya-23Yvaol8M6b/full
Suciati. (2020). Dampak Pengunaan Bahasa Slank Terhadap Tata Bahasa Indonesia: Studi Kasus Pada Kolom Komentar Grup Lambe Turah di Instagram [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Wijana, I. D. P. (2020). Pengantar Sosiolinguistik. Gadjah Mada University Press.
Wahyudin, S., & Mustafa, M. N. (2024). Bahasa Slang dalam Acara Talkshow Bercanda Tapi Santai (BTS) Youtube Trans7 Official. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/6576
Yuniarti, N. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Bugis Sebagai Pemertahanan Bahasa Di Desa Teluk Pakedai Hulu. JBS: Jurnal Program Magister Pendidikan Bahasa. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK. https://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1811/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aninda Ayu Sitorimi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Mimesis agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.