Visualisasi Informasi Website International Conference Berdasarkan Web-Quality Framework

Authors

  • Lalu Arfi Maulana Pangistu Universitas Ahmad Dahlan
  • Ahmad Azhari Universitas Ahmad Dahlan
  • Agus Aktawan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/mf.v1i2.1282

Abstract

Konferensi merupakan pertemuan yang bertujuan untuk bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Dengan adanya perkembangan teknologi membuat manusia berfikir untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu membuat sistem konvensional menjadi sistem yang terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan fasilitas website yang ke internet, pihak penyelenggara konferensi dapat lebih efektif untuk melakukan penyebaran informasi, registrasi, submisi, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan konferensi.Pentingnya pengukuran kualitas pada website menjadi tolak ukur dalam meningkatkan kinerja sesuai dengan visi dan misi dari penerapan website. Pada penelitian ini, penulis merancang sistem informasi pada konferensi internasional berbasis website. Metodologi pengembangan website yang digunakan dalam penelitian ini adalah Software Development Life Cycle (SDLC). Metode pengujian kualitas website menggunakan 4 metode pengujian, diantaranya Alpha Test, SUS, UAT, dan UEQ. Sistem ini menghasilkan sistem informasi konferensi internasional berbasis website yang bekerja dengan baik dengan hasil pengujian alpha test sebesar 92%, menampilkan informasi yang sesuai dengan hasil pengujian SUS sebesar 73%, dapat diterima masyarakat dan layak ditunjukkan dari hasil pengujian UAT sebesar 75%, dan pengujian User Experience (UX) mendapatkan penilaian yang masuk ke dalam kategori "baik" dari hasil pengujian UEQ.

References

B. Wicaksono and A. Susanto, "Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode Webqual Modifikasian dan Importance Performance Analysis," J. Nas. Tek. Elektro Dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 8, 2013.

H. Yuliansyah and I. K. Hildayanti, "Sistem Informasi Farmasi Berbasis Web Mobile Dengan Fitur Deteksi Kesalahan Obat Dalam Penjualan Obat Peracikan," Mob. Forensics, vol. 1, no. 1, p. 41, Sep. 2019.

M. Mardhia, A. Azhari, and A. Ardiansyah, "Information Visualization of Lesson Study Activity," J. Ilm. Tek. Elektro Komput. Dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 141, Jan. 2018.

A. Azhari, "Pengolahan Data Spasial Epidemologi Leptospirosis ( Studi Kasus Di Kabupaten Kulonprogo )," Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2011.

S. J. A. N. B. S. Mohamad, D. Asirvatham, and H. H. M. Khalid, "Quality Framework for Assessment of Multimedia Learning Materials Version 1.0," Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 67, no. November 2011, pp. 571-579, 2012.

B. A. B. Ii and T. Informasi, "Pengertian TIK," pp. 8-29, 2011.

L. Fernando, N. Safriadi, and R. D. Nyoto, "Rancang Bangun Sistem Informasi Konferensi Nasional Aptikom Provinsi Kalimantan Barat Berbasis Web," J. Sist. Dan Teknol. Inf. JUSTIN, vol. 6, no. 3, p. 107, 2018.

I. G. S. Widharma, "Perancangan Simulasi Sistem Pendaftaran Kursus Berbasis Web Dengan Metode Sdlc," Matrix J. Manaj. Teknol. Dan Inform., vol. 7, no. 2, p. 38, 2017.

E. Usability et al., "1. 240," pp. 240-245, 2017.

A. W. Soejono, A. Setyanto, A. F. Sofyan, and W. Anova, "Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan S ystem Usability Scale ( Studi Kasus : Website UNRIYO )," J. Teknol. Inf., vol. XIII, no. 1, pp. 29-37, 2018.

F. F. Laksana and S. Suyoto, "Pengukuran Kualitas Ux Website Menggunakan Sus," Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 2, p. 138, 2019.

I. P. Lunak, "Bab V Implementasi Dan Pengujian," no. 850, pp. 1-15, 1900.

E. Susilo, F. D. Wijaya, and R. Hartanto, "Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application," J. Nas. Tek. Elektro Dan Teknol. Inf. JNTETI, vol. 7, no. 2, pp. 150-157, 2018.

A. Luthfi, T. Adinegoro, R. I. Rokhmawati, and H. M. Az-zahra, "Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-commerce Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada.co.id , Blibli.com dan JD. id)," J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput. J-PTIIK Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, 2018.

Downloads

Published

2019-12-11

Issue

Section

Articles