PENDAMPINGAN GURU SMA KABUPATEN KLATEN DALAM RANGKA PUBLIKASI ILMIAH DENGAN E-BALADA

Authors

  • Wiharto Wiharto Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Siti Fatimah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
  • Esti Suryani Universitas Sebelas Maret, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942

Keywords:

pendampingan, guru, SMA, artikel ilmiah, E-balada

Abstract

Peningkatan kualitas kompetensi guru menjadi prioritas dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu dan profesional. Pemerintah mewajibkan guru yang hendak meningkatkan pangkat golongannya atau mendapatkan tunjangan sertifikasi dituntut untuk menulis artikel. Artikel yang dihasilkan diwajibkan untuk dipublikasikan. Untuk melaksanakan hal tersebut maka guru dituntut untuk menulis artikel, baik artikel yang berdasarkan ide/gagasan, artikel berdasarkan pengamatan/penelitian, maupun artikel berdasarkan literasi. Adanya kewajiban tersebut, kebanyakan guru yang hendak naik pangkat/golongan masih mengalami kesulitan untuk memulai menulis artikel. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain adalah ide yang sukar dikembangkan, pengolahan data yang rumit, ketidaktahuan penggunaan fasilitas teknologi informasi yang sudah ada dalam rangka mempermudah penulisan, dan faktor pribadi yang tidak mau berkembang. Sekolah SMA Negeri Karangdowo Kabupaten Klaten, sebagian besar sudah tersertifikasi. Sebagian dari mereka belum terlalu mahir dalam penggunaan teknologi informasi untuk membantu proses kenaikan pangkat atau perbaikan kualitas pembelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut salah satunya adalah melalui program E-balada (Pembelajaran Dan Pendampingan dengan menggunakan teknologi informasi). Program E-balada merupakan program pendampingan penggunaan teknologi informasi seperti optimalisasi penggunaan tampilan menu pada microsoft word yang sudah ada, penggunaan zotero, schoology. Guru dapat memanfaatkan program ini sebagai alat bantu. Program E- balada ini dapat meningkatkan kualitas kompetensi mengajar maupun kualitas dari segi profesinya.

References

Alam, S., (2015), Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Ilmiah Melalui Jurnal, Artik. EBul., pp. 355–389.
Darmalaksana, W., (2017), Panduan Publikasi Ilmiah : Perangkat Aplikasi, Standar Penulisan dan Etika Kepengarangan, J. Ris. dan Inov., vol. 2, p. November.
Widoyoko, E., (2008)a, Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru, Semin. Nas. Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelit. Tindakan Kelas, Sep.
Widoyoko, E., (2008)b, Perananan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Semin. Nas. Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelit. Tindakan Kelas, Jul.

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles