EKONOMI KREATIF PEMBUATAN DETERGENT CAIR DAN BUBUK PADA KELOMPOK PKK KELURAHAN KRAJAN

Authors

  • Siti Fatimah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta http://orcid.org/0000-0002-7252-6496
  • Wiharto Wiharto Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Anita Indrasari Universitas Setia Budi, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.931

Keywords:

pemberdayaan, PKK, ekonomi kreatif, detergen cair, detergen bubuk

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge. Masyarakat yang heterogen, majemuk dan factor Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor utama dalam kegiatan ekonomi. Masyarakat yang kondisi geografis ekonominya berada di lingkungan pusat perekonomian seperti pasar tradisional, dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, dan sensitif tentang kondisi pangsa pasar. Kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Krajan Kabupaten Klaten berada pada kondisi sosial geografis ekonomi yang strategis dengan lingkungan pasar tradisional. Sebagian kelompok PKK ini memiliki pendapatan yang masih rendah karena tidak memiliki modal atau ketrampilan yang terbatas untuk menambah penghasilan. Mata pencahariannya antara lain adalah sebagai pedagang, pembantu rumah tangga, pengasuh anak, dan menjual minuman atau makanan. Kegiatan jual beli ini hanya berlangsung di pagi hari saja tatkala kegiatan pasar masih aktif. Pada siang atau sore sampai malam mereka tidak memilki aktifitas tambahan. Program pendampingan dan pelatihan pembuatan detergent cair dan bubuk dilakukan untuk meningkatkan taraf perekonomian dan membantu menciptakan ketentraman dalam berkehidupan. Kegiatan ini dilakukan tanpa menghilangkan pekerjaan utamanya, dan bisa dilakukan setiap saat atau ketika longgar. Metode pelaksanaan program ini adalah introduksi, pelatihan, pendampingan, dan pemantauan. Tujuan program ini adalah adanya peningkatan pendapatan kelompok PKK.

References

E. S. Vh and E. Susilowati, (2016), Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Produksi Sabun Dan Detergent, p. 10.
Purnomo, RA, (2016), Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia, p. 111.
Sadilah, E., (2010), Ekonomi Kreatif, Jantra, vol. V, no. 9,
Supandi, E., (2017), Analisis Keunikan Sumberdaya Dan Strategi Keunggulan Bersaing Produk Kreatif (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat), J. Manag. Bussnies Rev., vol. 14, no. 2,

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles