BANGKA TOUR GUIDE TRAINING: BE A CONFIDENCE FUTURE TOURISM AMBASSADOR

Authors

  • Dody Sugiarto STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Agci Hikmawati STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.868

Keywords:

Pemandu Wisata, Pelatihan, Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan Bangka Tour Guide Training bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam memandu wisata menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar, serta didukung oleh eye contact, gesture, body language dan tutur bicara yang benar. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan praktik lapangan di lokasi wisata dengan menerapkan model pembelajaran students centered learning yaitu small group discussion dan guided project based learning. Berdasarkan hasil dari kegiatan yang dilaksanakan, peserta mampu memandu wisata menggunakan Bahasa Indonesia dengan sangat baik namun tidak begitu fasih ketika harus menggunakan Bahasa Inggris. Memandu wisata dengan menggunakan eye contact, gesture, dan body language yang tepat masih menjadi hal yang baru bagi para peserta pelatihan. Bagaimanapun, pelatihan ini telah memberikan ilmu baru bagi peserta untuk menjadi seorang tour guide yang professional baik secara teori maupun secara praktik lapangan.

References

Afifulloh, M. (2018). Pemetaan Kebutuhan Bahasa Inggris pada Masyarakat Daerah Potensi Wisata Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 2(1), 133-144.
Anggelis, D. (1997). Percaya Diri Sumber Sukses Kemandirian. Jakarta: Gramedia
Bahadorfar, M., & Omidvar, R. (2014). Technology in teaching seaking skill. Acme International Journal of Multidiciplinary Research, 2(4), 9-13.
Dunbar, N.E., Brooks, C.F., & Kubicka-Miller, T. (2006). Oral communication skills in higher education: using a performance-based evaluation rubric to assess communication skills. Innovation Higher Education, 31(2), 115-128.
Sirait, C.B. (2007). The Power of Public Speaking. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles