PENINGKATAN KAPASITAS PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Joko Purwadi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Aris Thobirin Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.746

Keywords:

Profesionalisme Guru, Kompetensi, Sekolah Muhammadiyah

Abstract

Profesionalisme dalam mendidik siswa sangat diperlukan untuk kemajuan suatu bangsa, secara khusus pada mata pelajaran matematika di tingkat SMA/SMK/MA Muhammadiyah. Guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh pelatihan, dan mengembangkan profesi dalam bidangnya. Dari sisi kewajiban, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Salah satu upaya dalam menyetarakan dan menilai kinerja guru dalam hal keprofesionalan, pemerintah menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG), yang bertujuan untuk pemetaan kompetensi. Untuk mencapai keprofesionalan guru dan kelulusan, diperlukan pelatihan kepada guru sebelum melakukan UKG. Pelatihan ini diselenggarakan dalam waktu 2 hari dengan materi Kalkulus dan Statistika. Peserta pada kegiatan ini berasal dari 12 Sekolah di lingkungan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta dan bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PDM Yogyakarta.

References

Kemendikbud. (2015). Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar:
Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Setyono, H.A., & Jauhar, M. (2013). Buku Pintar Soal & Pembahasan Uji Kompetensi Guru
(UKG) SMA/MA. Surabaya: Prestasi Pustaka Raya.
Yulinda, R.N. (2010). Seri Lengkap Soal dan Penyelesaian Uji Kompetensi Matematika untuk SMA/MA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-03-06

Issue

Section

Articles