MENUMBUHKAN DAN MEMBENTUK KEPRIBADIAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DALAM MENGELOLA PARIWISATA

Authors

  • Vani Dias Adiprabowo Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Muhammad Yasir Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Inana Dwi Arfiantiningrum Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ardiansyah Sriaji Triwibowo Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.606

Keywords:

pariwisata, Jatisari, Puncak Becici, Pintu Langit

Abstract

Masalah pariwisata di Indonesia sekarang ini sangat memprihatinkan salah satunya terkait dengan menurunnya kepedulian dalam pengembangan objek wisata. Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan mengusung tema “Pengelolaan Pariwisata sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat†yang tersebar di berbagai kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tema tersebut merupakan sikap taktis yang diambil UAD dalam menyikapi program pemerintah, yaitu Wonderful Indonesia—sebuah program kerja berbasis pariwisata. Setiap unit maupun divisi wajib membantu mendorong ekonomi masyarakat berbasis pariwisata melalui Program Kerja individu maupun bersama mereka. Untuk mencapai tujuan tema besar tersebut, beragam metode yang dilakukan, seperti berdiskusi dengan pengelola pariwisata, menulis jurnal pariwisata, pelatihan tourguide, dan pelatihan membuat video pariwisata. Melalui serangkaian metode tersebut, masyarakat secara signifikan dapat mempromosikan pariwisata melalui media sosial Blogspot, Facebook, Whatsapp, Intagram, dan sebagainya. Dampak nyata dari metode-metode tersebut adalah bertambahnya wisatawan lokal dan mancanegara yang berdatangan. Otomatis, tidak hanya masyarakat yang menjadikan pariwisata sebagai pekerjaan pokoknya yang mendapatkan keuntungan, namun pedagang, penganyam, dan peladang jagung pun mendapatkan keuntungan dari bertambahnya wisatawan lokal maupun mancanegara yang berdatangan setiap harinya.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima”. Daring kbbi.kemdikbud.go.id, diakses pada 8 Agustus 2018.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles