PENGUATAN KELUARGA SEBAGAI UPAYA MENEKAN ANGKA STUNTING DALAM PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA (KKBPK)

Authors

  • Fatwa Tentama Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Hasothiya Dwi Lestari Delfores Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Andhika Eko Wicaksono Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Siti Feti Fatonah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.546

Keywords:

KKBPK, penguatan keluarga, stunting

Abstract

Salah satu permsalahan yang ada di Desa Sidoharjo adalah kebiasaan penduduk setempat, dimana dalam aktivitasnya di bidang pertanian atau perkebunan, seringkali mengharuskan orang tua meninggalkan anaknya di rumah. Hal ini seringkali menjadikan anak kurang dalam mendapatkan asupan gizinya, terutama ASI dan MP-ASI. Tujuan program ini adalah sebagai upaya pencegahan stunting serta upaya pembangunan dan penguatan keluarga demi menuju terwujudnya keluarga sejahtera, khususnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Metode yang dilakukan adalah penyuluhan, pelatihan, penguatan kelompok. Hasil dan dampak dilakukannya program ini bahwa melalui program-program yang dilaksanakan oleh KKN yang bekerjasama dengan BKKBN maka adanya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap masalah stunting dan penanggulangannya, tercipta kondisi lingkungan yang mendukung program penguatan 1000 HPK sebagai pencegahan stunting dan tercipta rasa kesatuan yang mampu menguatkan warga dalam pembentukan kampung KB dan penguatan PIK-R

Author Biography

Fatwa Tentama, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta


References

Infodatin. (2016). Situasi balita pendek. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Pusat Data dan
Informasi.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. (2017). 100 Kabupaten/Kota
Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting). Jakarta: Sekretariat Wakil Presiden
Republik Indonesia.

_______.(2018). https://www.radarjogja.co/2017/12/12/kasus-stunting-kulonprogo-mencapai-3-496-balita/, diakses pada tanggal 8 September 2018.

_______.(2018). http://jogja.tribunnews.com/2018/02/08/tangani-kasus-stunting-nan-tinggi-kulonprogo diintervensi-kementerian-kesehatan, diakses pada tanggal 8 September 2018.

_______.(2018). http://www.depkes.go.id/article/view/18052800006/ini-penyebab-stunting-pada-anak.html, diakses pada tanggal 19 September 2018.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles