PELATIHAN PEMBUATAN ANEKA MAKANAN DARI TEPUNG MOCAF SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA HARGOMULYO, GUNUNG KIDUL

Authors

  • Fatwa Tentama Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Zayah Zakaria Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Rezi Yuliansyah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Dicky Haryadi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.545

Keywords:

produk makanan, tepung mocaf, ubi

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Desa Hargomulyo, Gedangsari, Gunung Kidul adalah  banyaknya bahan makanan seperti ubi yang kurang mampu diolah menjadi makanan dengan daya jual yang lebih tinggi. Program ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam mengolah ubi menjadi tepung mocaf serta pemanfaatannya menjadi aneka makanan. Metode yang dilakukan berupa penyuluhan, pelatihan  dan praktek secara langsung. Program meliputi studi dokumen, pendidikan masyarakat, difusi teknologi, dan praktek langsung. Hasil dan dampak dari program ini adalah tercipta kesadaran masyarakat sasaran tentang cara mengolah ubi, peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengolah tepung mocaf, masyarakat terampil membuat aneka makanan berbahan tepung mocaf, dan tersedianya makanan yang beragam dengan daya jual beli yang tinggi dan lebih bernutrisi.

Author Biography

Zayah Zakaria, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta


References

____.(2015). Cara membuat mocaf tanpa enzim fermentasi. Diakses pada https://www.kompasiana.com/bangpilot/cara-membuat-mocaf-tanpa-enzim-fermentasi_54f8695fa3331163038b456f, tanggal 8 Maret 2018.
____.(2015). Manfaat tepung mocaf. Diakses pada https://manfaat.co.id/manfaat-tepung-mocaf, tanggal 8 Maret 2018.
____.(2014). Mocaf : new innovation and opportunity. Diakses pada http://www.trubus-online.com/trubus/index.php?option=com_content&view=article&id=355:mocaf-new-innovation-and-opportunity&catid=98:topic&Itemid=494, tanggal 8 Maret 2018.
Amanu, F. N., & Susanto, W. H. (2014). Pembuatan tepung mocaf di madura (kajian varietas dan lokasi penanaman) terhadap mutu dan rendemen [IN PRESS JULI 2014]. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 2(3), 161-169.
Hanifa, R. (2014). Kadar protein, kadar kalsium, dan kesukaan terhadap cita rasa chicken nugget hasil substitusi terigu dengan mocaf dan penambahan tepung tulang rawan. Jurnal Pangan dan Gizi, 4(2).
Nusa, M. I., & Suarti, B. (2015). Pembuatan tepung mocaf melalui penambahan starter dan lama fermentasi (modified cassava flour). Jurnal Ilmu Pertanian Agrium, 17(3).
Putri, A. E. V. T., Winarni, W., & Susatyo, E. B. (2015). Uji proksimat dan organoleptik brownies dengan substitusi tepung mocaf (modified cassava flour). Indonesian Journal of Chemical Science, 4(3).
Rosmeri, V. I., Monica, B. N., & Budiyati, C. S. (2013). Pemanfaatan Tepung Umbi Gadung (Dioscorea hispida Dennst) dan Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) Sebagai bahan substitusi dalam Pembuatan Mie Basah, Mie Kering, dan Mie Instan. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 246-256.
Widanti, Y. A., & Mustofa, A. (2016). Karakteristik Organoleptik Brownies Dengan Campuran Tepung Mocaf dan Tepung Ketan Hitam Dengan Variasi Lama Pemanggangan. Joglo, 27(2).

Downloads

Published

2018-02-01

Issue

Section

Articles