PENDEKATAN ACTIVE AND FUN FILLED BASED PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK Sebuah Program Pemberdayaan bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar di Yogyakarta

Authors

  • Soviyah Soviyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Arum Priadi Universitas Ahmad Dahlan
  • Ratri Nur Hidayati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.474

Keywords:

fun and active learning, Bahasa Inggris untuk anak, guru SD

Abstract

Metode pembelajaran Bahasa Inggris yang aktif dan menyenangkan (fun and active learning) adalah metode pembelajaran yang menerapkan strategi-strategi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak yang menyenangkan dan mampu membuat anak aktif belajar berkomunikasi.Hal ini karena bersifat ramah anak dan kegiatannya berbasis komunikasi yang intens antara guru dan siswa.Dengan pertimbangan tersebut maka diperlukan adanya pelatihan metode pembelajaran Bahasa Inggris aktif dan menyenangkan (fun and active learning) bagi guru Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah di Kota yogyakarta.

Pengabdian ini melibatkan mitra 30 Sekolah Dasar Muhammadiyah sekota Yogyakarta.Keseluruhan sekolah ini memiliki potensi yang cukup besar yaitu jumlah peserta didik kurang lebih (325 siswa per sekolah) dan masing-masing memiliki guru Bahasa Inggris sendiri.Program pengabdian dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap prakegiatan, pelaksanaan, dan pendampingan.Pelaksanaan program pengabdian berlangsung dari Bulan April – Mei 2018.

 Dengan adanya program pengabdian ini guru memiliki daya kreativitas untuk menyelenggarakan pembelajaran yang menarik, pengetahuan dan kemampuan mengaplikasikan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan (fun and active learning) di kelas,  yang pada akhirnya membuat siswa merasa senang belajar Bahasa inggris dan mampu mengembangkan kemampuan komunikasinya sejak dini.

 

 

 

References

Brewster, J and Ellis, G. (2003).The Primary English Teacher’s Guide.Edinburgh: pearson Education Limited.
Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners.Cambridge: Cambridge University Press.
Ellis, R. (1994). The Study of Second Language Acquisition.Oxford: Oxford University Press.
Lenneberg, E. H. (1967). Biological Foundation of Language. New York: Wiley.
Oxford, R.L. (1990). Language Learning Strategies. London: Newbury House Publishers
Pinter, A. (2006). Taching Young Language Learners. Oxford: Oxford University Press.
Scott, W.A. & Ytreberg, L.H. (2004).Teaching English to Children.Essex: Pearson Education Limited.
Scovel, T. (1988).A Time to speak: Psycholinguistic Inquiry into the Critical Period for Human Speech. Rowley, Mass: Newburry House/Harper & Row.
Singleton, D. (1989).Language Acquisition: The Age Factor. Clevedon: Multilingual Matters.
Slattery, M & Willis, J. (2001). English for Primary Teachers.Oxford: Oxford University Press.
Sugiarta, Awandi Nopyan. (2007). Pengembangan Model Program Pembelajaran Kolaboratif untuk Kemandirian Anak Jalanan di Rumah Singgah (Studi Terfokus di Rumah Singgah Kota Bekasi.Unpublished Dissertation. Bandung: PPS UPI

Downloads

Published

2018-02-01

Issue

Section

Articles