PERAN MUHAMMADIYAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BACIRO, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA

Authors

  • Ika Maryani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.460

Keywords:

empowering, Baciro, Gondokusuman

Abstract

Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya berada di samping Stadion Mandala Krida. Kelurahan Baciro terdiri dari 21 RW dan merupakan kelurahan terbesar di Kecamatan Gondoksuman. Penduduk di kelurahan Baciro memiliki agama yang beragam, namun kehidupan beragama di Kelurahan Baciro sangat toleran. Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Gondokusuman dengan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dan membangun rasa toleransi antar umat beragama. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan secara langsung (direct training) dalam bidang kewirausahaan, senam sehat bagi warga, pembudidayaan TOGA, dan penyelenggaraan lomba menghias makanan. Hasil yang diperoleh dari program ni adalah adanya peningkatan partisipasi dan antusias masyarakat, serta pengetahuan dan keterampilan masyarakat meningkat. Kesadaran hidup sehat semakin membaik dengan diadakannya berbagai program kesehatan seperti senam sehat, jalan sehat, dan lomba budidaya TOGA. Berbagai aktivitas yang dilaksanakan bersama dan gotong royong membuat toleransi antar warna dan rasa kekeluargaan meningkat.

References

Nugraha, Sumedi P dan Wanda Rusma A. 2015. Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga. Yogyakarta:Universitas Islam Indonesia.
Prasetyo, Yudik. 2013. Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Soedjatmiko. 2015. Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jawa Tengah:Universitas Negeri Semarang.
Sulistiawati, Endah. 2014. Laporan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Teknologi Terapan Pembuatan Minyak Kelapa Berkualitas Tinggi. Yogyakarta:Universitas Ahmad Dahlan.

Downloads

Published

2019-01-30

Issue

Section

Articles