PENUMBUHAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH BERBASIS MASJID MELALUI KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI MASJID MUHAJIRIN WIROBRAJAN

Authors

  • Okka Adiyanto Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Eko Saputro Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.454

Keywords:

Pemberdayaan, Karakter, Masjid, KKN

Abstract

Kelurahan Wirobrajan merupakan salah satu wilayah yang memiliki jumlah anak usia sekolah yang cukup banyak. Usia sekolah ini menjadi salah satu usia yang rentan terhadap pengaruh negative. Pendidikan karakter menjadi salah satu yang penting untuk menangkal pengaruh negative tersebut. Masjid menjadi salah satu tempat media dakwah yang efektif yang dapat membentuk karakter anak usia sekolah. Salah satu masjid di wilayah Wirobrajan yang digunakan untuk KKN alternatif periode LXI yaitu Masjid Muhajirin. Masjid Muhajirin terletak satu komplek dengan SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Program KKN ini menggunakan beberapa metode yang digunakan untuk menanamkan pendidikan karakter. Metode yang digunakan yaitu pendidikan masyarakat, difusi IPTEK, dan juga praktek. Segala kegiatan pada KKN ini dilakukan di masjid sehingga suasana masjid akan semakin meriah. Program-program yang sudah dilaksanakan juga sangat berperan dalam penumbuhan pendidikan karakter anak usia sekolah yang berbasis masjid.

Author Biography

Okka Adiyanto, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Teknik Industri

References

Fanhas, E., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan karakter untuk anak usia dini menurut Q.S. Lukman 13-19. PEDAGOGI : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini , 3 (3a).

Perpres No 78 tahun 2017

Suwito, Yuwono Sri. 2008. Prajurit Kraton Yogyakarta: Filosofi dan Nilai Budaya yang Terkandung di Dalamnya. Yogyakarta: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yogyakarta

http://www.kependudukan.jogjaprov.go.id/

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles