UPAYA PENINGKATAN KELUARGA SAMARA DI PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

Authors

  • Tri Wahyuni Sukesi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta http://orcid.org/0000-0002-8919-9700
  • Adam Abdul Malik Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Siska Handayani Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.442

Keywords:

keluarga, SAMARA, upaya

Abstract

Keluarga sakinah mawadah warohmah (Samara) adalah keluarga yang sejahtera dan penuh dengan kasih sayang didalamnya. Tantangan untuk bisa menuju keluarga Samara ini tidak sedikit sehingga setiap keluarga harus disiapkan untuk bisa menuju keluarga samara. Tujuan dilakukan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesiapan keluarga dalam upaya menuju keluarga yang samara. Metode yang dilakukan adalah dengan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan selama mahasiswa melakukan KKN. Hasil yang diperoleh adalah kegiatan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan dapat berjalan dengan lancar. Masyarakat dapat bekerjasama dengan baik sehingga semua kegiatan dapat dilakukan bersama sama. Akibat dari kegiatan ini masyarakat khususnya yang sudah berkeluarga dan yang akan berkeluarga memiliki pemahaman tentang keluarga Samara dan upaya upaya yang dapat dilkaukan untuk mencapai keluarga Samara tersebut.

 

Kata kunci: keluarga, SAMARA, upaya

 

ABSTRACT

The sakinah mawadah warohmah (Samara) family is a family that is prosperous and full of affection in it. The challenge of being able to get to the Samara family is so much that each family must be prepared to be able to go to the samara family. The purpose of implementing this service activity is to increase family preparedness in an effort to reach the same family. The method used is counseling, training and mentoring as long as students do KKN. The results obtained are counseling, training and mentoring activities can run smoothly. The community can cooperate well so that all activities can be carried out together. As a result of this activity the community, especially those who are married and who will have a family, have an understanding of the Samara family and efforts that can be made to reach the Samara family)

Keywords: family, SAMARA, effort

Author Biographies

Tri Wahyuni Sukesi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Adam Abdul Malik, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta


References

Aniqotsunainy, D. and Paramytha, N. (2016) ‘Penguatan Keluarga Sakinah Bagi Ibu Muda di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta’, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(1), pp. 21–52.
Hyoscyamina, D. (2011) ‘Peran keluarga dalam membangun karakter anak’, Jurnal psikologi Undip, 10(2), pp. 144–152.
Ismatulloh, A. . (2015) ‘Konsep Sakinah, Mawaddah dan Rahmah dalam Al-Qur’an (Prespektif Penafsiran Kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya’, Jurnah Mazahib Pemikiran Hukum Islam, XIV(1), pp. 47–48.
Priyadi, U., Adi, W., Hukama, R., Khinasih, A. and Susrianti, I. (2013) ‘Penyuluhan keluarga sakinah, mawaddah, warahmah’, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(1), pp. 27–31.
Setiadi, T. (2017) ‘Pembangunan Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah Melalui Pembentukan Basis Keluarga Mandiri dan Peduli Menuju Masyarakat Sejahtera’, Jurnal Pemberdayaan, 1(1), pp. 72–78.

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles