USAHA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH MENENGAH MUHAMMADIYAH KAB GUNUNGKIDUL: PENDAYAGUNAAN LECTORA SEBAGAI MEDIA AJAR

Authors

  • Murein Mardhia Universitas Ahmad Dahlan
  • Dwi Normawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Ahmad Azhari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.405

Keywords:

teknologi, media pembelajaran, Lectora, Gunungkidul

Abstract

Sebuah  kegiatan  peningkatan  keterampilan  guru  telah  diadakan  di  kalangan  sekolah  menengah pertama di wilayah Kabupaten Gunungkidul  pada periode libur semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Kegiatan  pelatihan  TIK  kali  ini  mengundang  tenaga  pendidik  dari  sekolah-sekolah  menengah  Muhammadiyah  di  bawah  pengelolaan  Majelis  Pendidikan  Dasar  dan  Menengah  (Dikdasmen) PDM Gunungkidul.  Tujuan yang ingin dicapai antara lain pengayaan keterampilan tenaga pendidik di bidang TIK sebagai media pendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan peningkatan keterampilan guruguru  sebagai  tenaga  pendidik  melalui  TIK, diharapkan  dapat  mendukung  tercapainya  pemenuhan kompetensi guru-guru di SMP Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul secara terprogram. Di bagian akhir pelaksanaan, peserta diminta untuk mengumpulkan feedback mengenai kegiatan pelatihan yang telah diikuti. Lebih dari 80% peserta yang hadir menyatakan tingkat kepuasan yang baik terhadap materi, pelaksana, dan kemanfaatan karya yang telah mereka hasilkan. Target usabilitas karya juga telah tercapai sebagai media belajar untuk diaplikasikan di semester genap tahun ajaran 2017/2018.

References

Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-10.
Siagian, S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Binapura Aksara.

Downloads

Published

2019-01-30

Issue

Section

Articles