IMPLEMENTASI POINT OF SALE (POS) UNTUK PENGELOLAAN KEUANGAN DI ARIZANAFOOD

Authors

  • Lisna Zahrotun Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Arfiani Nur Khusna Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ika Arfiani Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.391

Keywords:

UKM, manajemen keuangan, promosi

Abstract

Makanan merupakan komponen penting dari kehidupan manusia, ikan merupakan salah satu konsumsi makanan yang mempunyai protein dan kalsium tinggi. Masyarakat Sleman khususnya mengkonsumsi ikan tiap tahun terdapat peningkatan dan penurunan. Bisnis makanan khususnya olahan ikan merupakan bisnis unggulan yang menjanjikan untuk tahun mendatang. UKM Arizanafood mempunyai fokus pada usaha olahan ikan yaitu abon ikan tuna untuk anak-anak dan dewasa. UKM Arizanafood mempunyai kendala dan hambatan pada tahapan stok bahan baku yang terbatas, produksi yang terhambat dan tidak ada peningkatan, proses yang tidak didukung peralatan yang memadai, produk yang bersaing ketat di pasaran, manajemen keuangan akuntansi yang masih manual, distribusi produk belum terdapat alur yang jelas, pemasaran belum menerapkan teknologi berbasis website, sumber daya manusia belum dikelola dengan maksimal, sarana yang masih minim dan finansial dalam hal pelaporan belum dikelola dengan baik, sehingga untuk bersaing di pasar dunia akan sangat berat dihadapi.

Pengembangan aplikasi berbasis teknologi internet yaitu aplikasi website dan mobile yang sedang berkembang dapat membantu memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi UKM Arizanafood dari sisi teknologi, sedangkan SCM (Supply Chain Management) untuk manajemen stok barang, CRM (Customer Relationship Management) untuk manajemen pelanggan, manajemen keuangan akuntansi meliputi keuangan kasir dan laporan laba rugi, manajemen kewirausahaan, manajemen strategik UKM, manajemen peningkatan mutu kualitas produk dan manajemen pengelolaan sumber daya manusia dapat membantu permasalahan dari sisi manajemen usaha yang dihadapi UKM Arizanafood.

References

Bidang integrasi pengolahan data statistik. 2015. Sleman Dalam Angka 2015. Bantul: BPS Provinsi DIY.

Bidang integrasi pengolahan data statistik. 2015. Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Sleman 2015. Bantul: BPS Provinsi DIY.

Nitisusastro Mulyadi. 2015. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha kecil. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles