PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR MASJID CONDROKIRANAN, PANEMBAHAN, KRATON DALAM PROGRAM SENAM SEHAT LANSIA

Authors

  • Rina Ratih Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.372

Keywords:

pemberdayaan, senam lansia, Condrokiranan, kesehatan lansia.

Abstract

Masyarakat lanjut usia atau Lansia merupakan bagian masyarakat yang penting dan perlu diperhatikan kesehatan dan kondisi kejiwaannya. Maka salah satu program KKN UAD difokuskan pada kesehatan jiwa dan jasmani para lansia. Program ini bertujuan untuk menyehatkan badan dan juga menyegarkan jiwa para lansia. Metode pelaksanaan program KKN meliputi: senam sehat pagi hari, dan bercengkrama bersama dihalaman masjid. Dampak dari kegiatan KKN ini adalah: 1) terciptanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan di usia lanjut, 2) interaksi
masyarakat yang lebih dekat untuk mendorong semangat para lansia, serta 3) menciptakan kebiasaan berolahraga pada pagi hari baik sendiri maupun perkelompok.

References

Akmal, Hilda Fauzia, 2012, “Perbedaan Asupan Energi, Protein, Aktivitas Fisik Dan Status Gizi Antara Lansia Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Senam Bugar Lansia”, Laporan Akhir Hasil Penelitian. Universitas Diponegoro. Semarang.
Santoso, 2010, Senam Lansia Indonesia. Binakarya. Jakarta.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 2013, Badan Penelitian dan PengembanganKesehatan Kementerian RI tahun 2013.
http://www.depkes.go.id/resources/download/general /Hasil%20Riskesdas%202013.pdf. (Diakses pada tanggal 5 Juni 2017, Yogyakarta).

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles