PELATIHAN ‘BUNDA MUDA HEBAT’

Authors

  • Fatwa Tentama Universitas Ahmad Dahlan
  • Nissa Tarnoto Universitas Ahmad Dahlan
  • Dessy Pranungsari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.358

Keywords:

ketrampilan stimulasi anak, ibu muda jalanan, perkembangan anak

Abstract

Permasalahan anak jalanan pada saat ini semakin kompleks. Permasalahan yang muncul
diantaranya dialami oleh ibu-ibu muda jalanan yang memiliki anak usia dini. Ibu-ibu muda jalanan
merasa tidak siap memiliki anak akibat kehamilan di usia muda dan diluar nikah. Ibu-ibu muda
jalanan tersebut tidak tidak mengetahui di usia berapa anak seharusnya mulai berbicara, mulai
berjalan, mulai bermain dan juga ketidaktahuannya terhadap tahap-tahap perkembangan anak. Hal
ini menyebabkan kurangnya stimulasi yang diberikan orangtua yang berdampak negatif pada
perkembangan anak. Tujuan program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan
ketrampilan ibu muda jalanan dalam menstimulasi perkembangan anak. Metode yang dilakukan
berupa 1) Ceramah dan diskusi 2) Workshop, 3) Role Play yang di praktekan langsung oleh ibu
kepada anaknya. Hasil dari program ini adalah peserta mampu menyadari akan pentingnya peran
orang tua dalam perkembangan anak, mampu memahami tahap-tahap perkembangan anak, mampu
menstimulasi perkembangan anak dengan alat yang mudah didapat dan murah atau barang bekas,
dan mampu melakukan stimulasi yang efektif dan menyenangkan bagi anak.

References

Aisyah, S. (2008). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Catron, C.E. & Allen, J. (1999). Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New
Jersey: Merill, Prentice-Hall
Children & Youth Unit Development (The World Bank). (2009). Suplementing nutrion in
the early years: The role of early childhood stimulation to maximize nutrional
inputs. Notes Children & Youth Development, 3 (1), 1-4.
Farah, M.J., Betancourt, L,. Savage, J.H., Shera, D.M., Giannetta, J.M., Brodsky, N.L.,
Malmud, E.K., & Hurt, H. (2008). Enviromental stimulation, parental nurturance
and cognitif development in humans. Journal Developmental Science. 11 (5), 793-
801.
Feiby, D. A. (2001). Tahap Perkembangan Anak Bayi Hingga Pra Sekolah. Jakarta: Dian
RakyatAisyah, S. (2008). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak
usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Goleman, Daniel. (1999). Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk
Mencapai Puncak Prestasi (penerjemah Alex Tri Kantjo Widodo). Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Lee, R. E. (1989), Phycology. Cambridge University Press, New York.
Masnun. 2012. Fenomena Pernikahan Dini Munculkan Kegalauan
[http://health.kompas.com/read/2012/10/02/12113585/fenomena.pernikahan.dini.munculkan.quo
tkegalauanquot] diunduh tanggal 25 Maret 2015
Soetjiningsih. (2003). Perkembangan Anak dan Permasalahannya. Jakarta: EGC
Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles