PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PUNDUNG, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL PROGRAM INOVASI BARU TEH CELUP WEDANG UWUH

Authors

  • Septian Emma Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.330

Keywords:

Pemberdayaan, Pundung, Wedang Uwuh.

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Pundung, desa Wukirsari, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, Yogyakarta yaitu banyaknya pengrajin wedang uwuh namun masih tedapat berbagai macam permasalahan yang harus ditangani, diantaranya belum terdapatnya kelompok usaha pengrajin wedang uwuh, belum memiliki ijin P-IRT, serta kemasan yang masih sangat sederhana sehingga program KKN UAD difokuskan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat Pundung dalam program inovasi baru teh celup wedang uwuh agar dapat meningkatkan harga jual produk wedang uwuh yang dapat meningkatkan taraf kehidupan pengrajin wedang uwuh. Metode pelaksanaan program KKN meliputi: pendidikan masyarakat, difusi teknologi dan praktek langsung. Dampak dari kegiatan KKN ini adalah: 1) Meningkatnya taraf kehidupan masyarakat Desa Wukirsari melalui pemberdayaan masyarakat untuk industri rumah tangga 2) Terciptanya rumah produksi dan kelompok produksi teh celup wedang uwuh yang berkompeten, 3) Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kelompok produksi teh celup wedang uwuh.

References

Gusti Grehenson.2008.Wedang Uwuh.Yogyakarta: Humas UGM.

Kristianingrum,S.2009. Pembuatan Wedang Uwuh Celup. Kimia FMIPA Universitas Negri Yogyakarta.Yogyakarta.

Purwatresna,E.2012.Aktivitas Antidiabetes Ekstrak Air dan Etanol Daun Sirsak Secara In Vitro melalui Inhibisi Enzim A-Glukosidase.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Trilaksani,W.2003.Antioksidan: Jenis,Sumber, Mekanisme Kerja dan Peran Terhadap Kesehatan.Term-Paper Graduate Program S3.Bogor: IPB.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles