PEMBERDAYAAN PETERNAK SAPI DALAM UPAYA PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI DUKUH PAMOTAN DAN KRETEK BANGUNTAPAN

Authors

  • Musfirah Musfirah Universitas Ahmad Dahlan
  • Ahmad Faizal Rangkuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Khoiriyah Isni Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.327

Keywords:

Pemberdayaan, Peternak Sapi, Kesehatan Masyarakat

Abstract

Semakin berkembangnya usaha peternakan, limbah yang dihasilkan semakin meningkat. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat maka meningkat pula kebutuhan akan pangan daging sapi. Dukuh Pamotan merupakan salah satu dukuh di Desa Jambidan dengan jumlah peternak sapi yang cukup banyak. Satu kelompok peternak sapi terdiri dari 10 orang peternak sapi dengan jumlah sapi sekitar 25 ekor. Tentunya jumlah ini akan menghasilkan limbah yang berupa kotoran ternak yang cukup banyak. Apabila tidak dikelola dengan baik, limbah kotoran ternak sapi ini dapat menjadi sumber masalah kesehatan di lingkungan Dukuh Pamotan. Hal tersebut didukung oleh letak peternakan yang sangat berdekatan dengan pemukiman warga padat penduduk. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat adalah penyuluhan dan praktek. Hasilnya menunjukkan bahwa kehadiran peserta selama kegiatan 93%. Penilaian pre-post pengetahuan peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan. Peserta terampil menangani limbah ternak dengan cara mengolah limbah ternak menjadi 3 (tiga) produk yaitu pupuk bokashi cair dan padat, serta pakan lele. Kesimpulannya, secara umum berjalan dengan sukses dan baik terbukti dari hasil penilaian oleh peserta berada pada kategori “Sangat Baikâ€. Peserta memberikan apresiasi dan sambutan yang positif dengan adanya kegiatan pelatihan ini.

References

Sihombing D T H. 2000. Teknik Pengelolaan Limbah Kegiatan/Usaha Peternakan. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian, Institut Pertanian Bogor

Dikjend Peternakan & Kesehatan Hewan. 2012. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Selin, E. 2013. Solid waste management and health effects - A qualitative study onawareness of risks and environmentally significant behavior in Mutomo. Kenya: UMEA Universitet.

World Bank. 2012. What A Waste: A Global Review of Solid Waste
Management.Washington, DC.

[Depkes RI]. Departemen Kesehatan Republik Indonesia 2008. Laporan Riset Kesehatan
Dasar Tahun 2007, Jakarta.

[Depkes RI]. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Profil Kesehatan
Indonesia. Jakarta.

Soemirat, Juli, 2011, Kesehatan Lingkungan, Edisi Revisi. Gadjah Mada University Press,
Yogyakarta

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles