PARTISIPASI MASYARAKAT SEKITAR MASJID MANGUNEGARAN, PANEMBAHAN, KRATON DALAM PROGRAM PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN JALAN SEHAT LANSIA

Authors

  • Rina Ratih Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.308

Keywords:

Kata kunci, Partisifasi, Pemeriksaan Kesehatan, Mangunegaran

Abstract

Pemeriksaan kesehatan dengan pasien lanjut usia pada dasarnya adalah mendeteksi dini penyakit atau berusaha untuk mencegah penyakit. Maka salah satu program KKN UAD difokuskan pada pemeriksaan kesehatan dan jasmani para lansia. Pemeriksaan kesehatan dengan pasien lansia adalah waktu terbaik untuk memberikan konseling tentang pengelolaan stress, pola hidup sehat dan pemeriksaan berat badan. Metode pelaksanaan program KKN meliputi: jalan sehat pagi hari, pemeriksaaan tekanan darah, dan pengukuran berat badan secara rutin setiap bulan di tempat salah satu warga desa Mangunegaran. Manfaat dari kegiatan KKN ini adalah : 1) Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. 2) mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan di masyarakat. 3) Meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut dan tenaga medis setempat.

References

Akmal, Hilda Fauzia, 2012, “Perbedaan Asupan Energi, Protein, Aktivitas Fisik dan Status Gizi antara Lansia yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Senam Bugar Lansia”, Laporan Akhir Hasil Penelitian. Universitas Diponegoro. Semarang. Santoso, 2010, Senam Lansia Indonesia, Binakarya, Jakarta. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 2013, Badan Penelitian dan PengembanganKesehatan Kementerian RI tahun 2013. http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%2,2013.pdf. (Diakses pada tanggal 5 Juni 2017, Yogyakarta)

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles