PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BARAN, AMBARAWA, SEMARANG, JAWA TENGAH DALAM PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Authors

  • Rina Ratih Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v1i1.294

Keywords:

Bersih, Sehat, Baran, KKN

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Kelurahan Baran,Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya PHBS. Maka program KKN UAD difokuskan pada kebersihan lingkungan. Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat Ambarawa dalam program Peduli Lingkungan. Metode pelaksanaan program KKN meliputi: pendidikan masyarakat, difusi teknologi dan praktek langsung. Dampak dari kegiatan KKN ini adalah: 1) tercipta kesadaran masyarakat sasaran tentang pentingnya PHBS,
2) peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengolah sampah, 3) peningkatan pengetahuan masyarakat tentang Demam Berdarah dan bahaya BABs,4) masyarakat terampil membuat karya kreatif dari plastik bekas.

References

Syafrudin, 2004, Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Prosiding, Diskusi Interaktif Pengelolaan Sampah Terpadu, Program Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang.
Ni Komang Ayu Artiningsih, 2008, Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Disertasi, Program Magister Ilmu Lingkungan Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Wibowo A dan Djajawinata D.T, 2004. Penanganan Sampah Perkotaan Terpadu. Diakses tanggal 4 Desember 2016 pada halaman
www.kkpi.go.id

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles