PELATIHAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA GURU DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Sri Sukamta Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang
  • Ulfah Mediaty Arief Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang
  • Subiyanto Subiyanto Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang
  • Tatyantoro Andrasto Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang
  • Fitria Ekarini Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang
  • Agung Adi Firdaus Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang
  • Achmad Rifaldi Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2849

Keywords:

Pelatihan, Learning Management System, Schoology

Abstract

Pada masa mendatang penerapan teknologi internet di bidang pendidikan dan pelatihan akan sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatan kualitas dan pemerataan layanan pendidikan. Sehingga diperlukan solusi yang tepat dan cepat dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan mutu pendidikan. Melalui e-learning, pendidikan jarak jauh yang bergantung pada jarak dan waktu untuk pelaksanaan pendidikan dan pelatihan akan dapat diatasi, sehingga diperlukan penggunaan suatu media learning management system. Kegiatan pelatihan learning management system pada guru di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kabupaten Semarang telah dilaksanakan pada 18-25 Juli 2020 menggunakan media Zoom Meeting dengan materi pengenalan sampai dengan mempraktikkan pembelajaran dengan LMS Schoology. Kegiatan pembukaan dan penutupan juga dilaksanakan secara langsung di SDN Sugihan 02 melalui perwakilan. Pelatihan dilakukan oleh tim pengabdian Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari lima orang dosen dan dua orang mahasiswa. Dilakukan evaluasi dengan memberikan pre test dan post test. Hasil pre test menyimpulkan peserta yang kebanyakan berstatus sebagai guru, masih belum menerapkan learning management system dan belum mengetahui Schoology dengan rata-rata skor sebesar 70% dan 73%. Dalam segi kebermanfaatan, evaluasi juga dilakukan melalui beberapa aspek diantaranya adalah: 1) aspek keterbantuan, 2) ketertarikan pendidik dan siswa, 3) kemudahan, dan 4) fleksibilitas. Hasil evaluasi yang telah dilaksanakan terkait manfaat yang dirasakan saat menggunakan media Schoology sebagai LMS mendapatkan skor 79%-85% untuk setiap aspeknya. Hal tersebut menyimpulkan, ketertarikan dan kebermanfaatan Schoology sebagai LMS dalam pembelajaran cukup tinggi.

References

Adawi, R. (2008). Pembelajaran Berbasis Elearning. BAHAS 0 (69TH XXXV). https://doi.org/10.24114/bhs.v0i69TH XXXV.2397.
Choiroh, N. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pandangan Siswa. Retrieved September 8, 2020, from https://iain-surakarta.ac.id/%EF%BB%BFefektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-e-learning-dalam-pandangan-siswa/
Drajat Friansah, Y. Y. (2020). Pelatihan Learning Management System-Schoologybagi Guru Mgmp Matematika Sma/Smk Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 184-195.
Holil, A. (2020, 05 31). Kompas.com. Retrieved from Kompas: https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/31/172306571/menyiapkan-normal-baru-pembelajaran-yang-berpihak-pada-siswa-kita?page=all
Muhammad Rozi Yerusalem, A. F. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 481-492.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.
Suhartono, H. (2010). Survey 2009: Mutu Situs E-Learning Indonesia Masih Sangat Minim. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 80-83.

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles