ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTANSI KESEHATAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGUNTAPAN III

Authors

  • muchamad rifai Faculty of Public Health Universitas Ahmad Dahlan
  • Yokas Siswan Winanto Universitas Ahmad Dahlan
  • Ulil Ma’rifah Universitas Ahmad Dahlan
  • Inaya Larang Asri Universitas Ahmad Dahlan
  • Rizqi Nur Anis Safitri Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Azmi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i1.2020

Keywords:

Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fasyankes, dan Alat Pelindung Diri

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja di fasilitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya perlindungan terhadap tenaga kerja. Pada beberapa instansi kesehatan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Banguntapan III, masih ditemukan beberapa permasalahan seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam bekerja yang tidak lengkap serta tidak adanya media promosi keselamatan dan kesehatan kerja.  Masih kurangnya pengetahuan tentang pentingnya penerapan budaya keselamatan dan kesehatan kerja di beberapa instansi kesehatan membuat para pekerja tidak begitu memperhatikan aspek tersebut dan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Untuk menanggulangi hal tersebut dilakukan intervensi ke beberapa instansi kesehatan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan pengetahuan pekerja tentang keselamatan dan kesehatan kerja di fasilitas pelayanan kesehatan, serta mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja. Metode yang digunakan yaitu pemberian  media promosi keselamatan dan kesehatan kerja berupa poster dan leaflet, serta penyuluhan yang dilaksanakan dari tanggal 29 Januari sampai 27 Februari 2020. Hasil dari kegiatan tersebut yaitu pekerja menerima poster untuk dipasang di dinding dan leaflet untuk mereka baca, dan selain  itu pekerja memiliki pengetahuan yang belum mereka ketahui sebelumnya tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dampak program ini adalah pekerja telah sadar menggunakan APD dengan lengkap ketika bekerja.

References

Fridayanti, N., & Kusumasmoro, R. (2016). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di PT Ferron Par Pharmaceuticals Bekasi. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 211–234.
Herlina, N., Adhani, R., & Heriyani, F. (2016). Gambaran Dan Permintaan Pasien Terhadap Fasyankes Gigi Di Puskesmas Kota Banjarmasin. Kedokteran Gigi, I(1), 75–82.
Inovasi, J., Somongari, D., Kaligesing, K., & Tengah, P. J. (2015). Operator Pembuat Gula Jawa Di Dusun Dungtileng. 4(1), 39–45.
Mongilala, W. F., Kawatu, P. A. T., & Korompis, G. E. C. (2018). Analisis Pelaksanaan Program Kesehatan Kerja Di Puskesmas Sonder Kabupaten Minahasa. Kesehatan Masyarakat, 7(5), 1–6.
Sipayung, R. T., Lubis, H. S., & Syahri, I. M. (2015). Hubungan Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Perilaku Aman (Safe Behavior) Pada Karyawan Bagian Produksi Pengolahan Minyak Sawit Di Ptpn Iv Kebun Dolok Ilir. Lingkungan Dan Kesehatan Kerja, 3(3).
Suharmanti, A. (2011). Gambaran Pelaksanaan Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di P.T. Pupuk Kujang Cikampek. Program.
Wirawan, Susilo, Lalu, K.A, Ni Ketut, S. . (2014). Penyuluhan Dengan Media Audio Visual Dan Konvensional Terhadap Pengetahuan Ibu Anak Balita. KESMAS - Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 80–87.
Yolanda, R., Ferusgel, A., & Nuraini, N. (2018). Pengaruh Promosi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pemulung Di Tempat Pembuangan Akhir Medan Marelan. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 51.

Downloads

Published

2020-05-10

Issue

Section

Articles