REINFORCEMENT PENDIDIKAN KARAKTER PADA MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS BUDAYA LOKAL TANA LUWU

Authors

  • Mahadin Shaleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • mirnawati mirnawati IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1697

Keywords:

Reinforcement, Karakter, Modul, Budaya Lokal, Tana Luwu

Abstract

Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia, guru terkadang hanya memanfaatkan bahan ajar  dari  penerbit. Materi dalam bahan ajar yang disajikan dalam bahan ajar tersebut biasanya sudah dianggap jenuh oleh siswa. Berkaitan dengan pendidikan karakter, aspek sosiologis dan budaya lokal merupakan variabel yang turut menentukan.  Oleh karena itu, diperlukan upaya berupa reinforcement (penguatan) pendidikan karakter. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo dengan menggunakan dua metode yaitu pelatihan dan pendampingan. Produk hasil kegiatan berupa modul pembelajaran mulai dari kelas X hingga kelas XII. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara bertahap dari bulan Juli dan berakhir bulan pada bulan Nopember 2019. Simpulan dari hasil kegiatan ini adalah (a) Guru- guru  peserta pelatihan dan pendampingan memiliki tambahan pengetahuan dan wawasan terkait dengan pendidikan karakter berbasis budaya lokal dan mendapatkan pengetahuan tentang penelitian pengembangan (R&D) khususnya model Four D yang digunakan dalam mengembangkan modul pembelajaran; (b) Guru-guru peserta pelatihan dan pendampingan telah mampu menghasilkan produk bahan ajar berupa modul bahasa Indonesia di setiap kelas. Modul tersebut telah melewati proses validasi hingga uji kefektifan dan kepraktisan. Salah satu nilai tambah dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter ini adalah integrasi budaya lokal Tana Luwu. Jadi karakter luhur dari budaya leluhur Tana Luwu ini dijadikan muatan materi dalam pembelajaran. Di satu sisi, pendidikan karakter sebagaimana menjadi program pemerintah telah berjalan, di sisi lain peserta didik juga mempelajari budayanya sendiri sehingga jati diri sebagai ‘Wija to Luwu’ tetap melekat dalam jiwa dan karakternya.

Author Biography

mirnawati mirnawati, IAIN Palopo

References

Diana, N. (2012). MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYALOKAL LAMPUNG. Analisis; Jurnal Studi Keislaman, 183-298. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/636
Fajarini, U. (2014). PERANAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Sosio didaktika, 124-130. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/1225/1093
Jauhari, S. (2019). PKM Pelatihan Penulisan Bahan Ajar IPS Bagi Guru-Guru SD Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29-33.
Kemdikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter.
Mamun, M. A. (2020). Instructional design of scaffolded online learning modules for selfdirected and inquiry-based learning environments. Computers & Education, 1-17.
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Downloads

Published

2020-07-05

Issue

Section

Articles