EDUKASI MENGENAI HYGIENE DAN SANITASI MAKANAN DIPASAR KAKI LANGIT DUSUN MANGUNAN DLINGO BANTUL

Authors

  • Septian Emma Dwi Jatmika Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Annisa Intan Fadila Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1117

Keywords:

Hygiene dan Sanitasi, Kaki langit Mangunan, Penyuluhan

Abstract

Di Indonesia masalah hygiene dan sanitasi makanan merupakan masalah yang sudah lama dan terus berulang terjadi dan mengancam jutaan orang. Delapan warga di Sulawesi Selatan tewas keracunan makanan saat buka puasa. 130 buruh pabrik keracunan ketika makan bersama di Bekasi. 64 buruh pabrik sepatu keracunan makanan di Semarang. 55 warga Jember keracunan setelah menyantap hidangan resepsi pernikahan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan penyuluhan kesehatan mengenai hygiene dan sanitasi makanan bagi para penjual makanan di Pasar Kaki Langit Dusun Mangunan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai hygiene dan sanitasi makanan yang berdampak pada perilaku penjual dalam melakukan hygiene makanan dan sanitasi lingkungan. Kegiatan dilakukan penyuluhan. Untuk mengukur pengetahuan peserta dilakukan pre test dan post test. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan penjual makanan di Pasar Kaki Langit mengenai hygiene dan sanitasi makanan sebelum penyuluhan yaitu 50% dan menjadi 100 % setelah dilakukan penyuluhan mengenai hygiene dan sanitasi makanan yang berupa pengertian hygiene dan sanitasi, penyimpanan, pengolahan dan penyajian makanan yang baik dan benar.

References

Depkes RI. Prinsip Prinsip Hygiene dan Sanitasi Makanan. Jakarta. 2000
Departemen Kesehatan R.I., Kumpulan Modul Kursus Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman. Jakarta. 2004
Mahawati, E., 2012, Efektivitas Penyuluhan Terhadap Sanitasi Warung Makan di Sekitar Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Satyawanti, Okta, Sri Wahyu Andayani, 2015, Higiene Dan Sanitasi Jajan Pasar Di Pasar Kotagede, Jurnal KELUARGA Vol 1 No 2. Yogyakarta.
Yayuk, Farida, dkk. 2004. Pengantar Pangan dan Gizi. Penebar. Swadaya.

Downloads

Published

2019-12-07

Issue

Section

Articles