Journal History

Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Ilmiah Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2013 ini dapat diterbitkan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Ilmiah Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini berisi kumpulan karya ilmiah terkait dengan pengabdian kepada masyarakat, baik yang dilakukan oleh mahasiswa (disebut Kuliah Kerja Nyata, disingkat KKN) maupun oleh dosen (disebut Program Pengabdian Masyarakat, disingkat PPM).

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Unversitas Ahmad Dahlan dibentuk secara legal berdasarkan pertimbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peraturan sebagai berikut: (1) Peraturan Pemerintah No.30 Tahun 1990, (2) Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1998, dan, (3) Surat Keputusan Rektor UAD Nomor: 43 TAHUN 2001 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian Masyarakat.  Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan menetapkan visinya sebagai berikut: “Mengabdi kepada Allah swt berbekal ipteks dan keikhlasan dalam kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat”. Adapun kebijakan dasarnya adalah beramal untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan sivitas akademika Universitas Ahmad Dahlan dalam pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat berbekal keikhlasan maupun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks) guna meningkatkan keimanan, ketaqwaan, kesejahteraan, dan harkat dasar insani.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan oleh sivitas akademika UAD di bawah koordinasi Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Unversitas Ahmad Dahlan senantiasa berazaskan pada azas-azas berikut: (1) Azas ilmu amaliah dan amal ilmiah, (2) Azas kelembagaan, (3) Azas terpadu dan interdisipliner, (4) Azas kerjasama, (5) Azas manfaat, (6) Azas serasi, (7) Azas inisiatif, inovasi, motivasi, dan kreatif, dan (8) Azas keislaman dan kemuhammadiyahan.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan mewajibkan para dosen untuk menuliskan hasil kegiatan Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakannya maupun kegiatan Kuliah Kerja Nyata para mahasiswa yang dibimbingnya ke dalam sebuah karya ilmiah.

Penerbitan karya ilmiah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksud sebagai upaya untuk membangun tatakelola kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan. Hal ini penting dilakukan agar aktivitas pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen pelaksana Program Pengabdian Masyarakat dan para dosen yang bertugas sebagai Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata memiliki rekam jejak yang baik dan runtut. Penerbitan jurnal Pemberdayaan : Publikasi Ilmiah Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini juga dimaksud untuk mempercepat penyebaran informasi hasil atau produk Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan sehingga masyarakat dan stakeholder lainnya dapat mengakses hasil pengabdian kepada masyarakat Universitas Ahmad Dahlan deengan mudah.

Penerbitan jurnal Pemberdayaan : Publikasi Ilmiah Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat edisi 2013 ini memuat 12 karya ilmiah terkait dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata tersebut dilaksanakan di masyarakat di berbagai daerah. Jika di suatu daerah terdapat sekolah, pesantren, dan/atau madrasah, para siswa atau santri di sekolah, pesantren, atau madrasah tersebut dapat menjadi sasaran Kuliah Kerja Nyata. Namun, kegiatan di sekolah, pesantren, dan/atau madrasah tersebut bukan proses belajar-mengajar di depan kelas. Kegiatan di sekolah, pesantren, dan/atau madrasah tersebut hanya sebagian kecil dari seluruh kegiatan Kuliah Kerja Nyata di suatu daerah.

Jurnal ini memiliki ISSN sejak tahun 2017. Pada periode pertama, Jurnal ini terbit pada bulan Juli dan Oktober 2017. Namun, sejak tahun 2018, Jurnal ini terbit pada bulan Juni dan Desember.