SCREENING DAN EVALUASI PROGRAM BANK SAMPAH KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • surahma asti mulasari Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Artha Kusumaningtyas Universitas Ahmad Dahlan
  • Rosyidah Rosyidah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jkpl.v1i1.1643

Keywords:

Kata kunci, Screening, evaluasi, bank sampah

Abstract

Pendahuluan: Badan Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Sejak Tahun 2009 mengembangkan program bank sampah sebagai salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Sub Bidang Daur Ulang Sampah. Rangkaian kegiatan terdiri dari pelatihan pengolahan sampah, pendampingan pengolahan sampah mandiri, pameran produk daur ulang sampah, dan sosialisasi pengolahan sampah mandiri. Bank sampah binaan DLH Kota Yogyakarta berjumlah 294 dan program yang berjalan belum dillakukan monitoring dan evaluasi secara tersistematik. Penilaian terhadap pelaksanaan program yang dilakukan pada saat ini dilakukan dengan membuat lomba Bank Sampah, tetapi hal tersebut berdasarkan wawancara dengan Kepala Bidang  Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup pada tanggal 17 September 2014 masih belum mendapatkan data detail sehingga bisa dibuat profil. Program bank sampah Kota Yogyakarta belum memiliki sistem monitoring dan evaluasi yang sistematis untuk mengetahui efektivitas program. Sistem monitoring dan evaluasi yang ada bersifat terpusat di DLH padahal tenaga dan sumber daya lainnya di DLH Kota Yogyakakarta sangat terbatas sehingga dibutuhkan terobosan untuk membuat sistem evaluasi dan monitoring yang berbasis pada masyarakat. Apabila sistem ini terbentuk makan akan memudahkan DLH dalam melakukan monitoring dan evaluasi program bank sampah Kota Yogyakarta ke depannya.

Metode: Penelitian ini merupakan Policy Research bidang kebijakan pengelolaan sampah. Lokasi yang dipilih adalah 45 kelurahan di Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan pula di Badan Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta. Teknik sampling yang akan digunakan adalah teknik purposive sampling. Informan bagi penelitian ini adalah pengurus bank sampah di 45 kelurahan Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan panduan wawancara dan check list. Analisis data dilakukan selama proses berlangsung (on going proces data analysis). Proses analisis dilakukan sejak pra-observasi, fase tindakan, dan pasca tindakan.

Hasil: Jadwal pelayanan paling banyak dilakukan satu bulan sekali oleh 39 bank sampah. Pendidikan direktur bank sampah paling banyak lulusan SLTA yaitu sebanyak 45 orang. PKK berperan pada perkembangan keberhasilan kegiatan 56 bank sampah. Sebanyak 45 bank sampah melakukan sosialisasi minimal 1 kali per tiga bulan. Jumlah pengurus masing-masing bank sampah yaitu 3 orang sampai 16 orang. Sebanyak 52 bank sampah memiliki bangunan permanen. Umur bank sampah rata-rata 2 tahun, dan hanya 3 bank sampah yang usianya mencapai 5 tahun. Omset bank sampah yang didapatkan pada bulan April sampai Juni 2015 sebanyak Rp. 506.042, sedangkan rata-rata tertinggi diperoleh omset sebanyak Rp. 3.004.730. Keikutsertaan warga dalam bank sampah dalam kategori sedang, yaitu sebanyak 36 bank sampah. Nasabah aktif bank sampah  masuk dalam kategori sedang, yaitu sebanyak 42 bank sampah. Sebanyak 52 bank sampah yang kondisi fisiknya dalam kriteria baik, Sebanyak 42 bank sampah, manajemen organisasi dalam kategori cukup baik. Pemberdayaan masayrakat dalam kategori cukup yaitu sebanyak 48 bank sampah. Sebanyak 43 bank sampah tidak mengelola kerajinan. Sebanyak 48 bank sampah tidak mengelola menjadi kompos. Sebanyak 63 bank sampah tidak mengelola sampah secara 3 R.

Kesimpulan: Screening keberlangsungan bank sampah di Kota Yogyakarta menunjukan bahwa jadwal pelayanan nasabah, pendidikan pengurus, peran PKK, sosialisasi, jumlah pengelola, keberadaan bangunan di bank sampah Kota Yogyakarta belum sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri LH No. 13 Tahun 2012. Hasil monitoring kegiatan bank sampah Kota Yogyakarta menunjukkan bahwa omset dan keikutsertaan warga sebagai bukti kemajuan bank sampah rata-rata masih rendah dibandingkan dengan ketentuan Peraturan Menteri LH No. 13 Tahun 2012. Hasil evaluasi kegiatan bank sampah Kota Yogyakarta dengan melihat kondisi fisik, manajemen bank sampah, dan pemberdayaan masyarakat lebih dari 50% sudah dalam katagori cukup dan baik. Profiling kegiatan bank sampah Kota Yogyakarta meliputi kegiatan kerajinan, pengomposan, dan kegiatan 3R masih lebih dari 50% bank sampah di Kota Yogyakarta yang tidak melakukan.

 

References

Andarnita, 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Pengelolaan Sampah Medis di Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Acehtahun 2012, Jurnal Kesehatan Masyarakat, hal. 1-17.
Dewi dan Treesnowati, 2012, Pengolahan Sampah Skala Rumah Tangga Menggunakan Metode Komposting, Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik LIMIT’S, Vol.8 No.2, hal. 35-48.
Dewintha, A. 2015. Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Keluarahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang pada UPT Dinas KEbersihan Dan Pertamanan Kota Samarinda. eJournal Administrasi Negara. 3 (1) : 415-426.
Dirgantara, 2013, Pengetahuan Mendaur Ulang Sampah Rumah Tangga Dan Niat Mendaur Ulang Sampah, JURNAL STUDI MANAJEMEN & ORGANISASI, Volume 10, Nomor 1, hal. 1-12.
Hernawati., Saleh., Suwondo., 2013, Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (Reduce, Reuse Dan Recycle) (Studi Pada Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.2, hal. 181-187.
Juliandoni, A., 2013, Pelaksanaan Bank Sampah Dalam Sistem Pengelolaan Sampah di Kelurahan Gunung Bahagia Balikpapan, www.e-journal.fhunmul.ac.id, ISSN 2337-4608, Balikpapan, Vol. 2, No. 3, Hal. 1-12, diambil pada tanggal 25 Maret 2015, Yogyakarta.
Koshy, V. 2005, Action research for Improving Practice : A Practical Guide. Paul Chapman Publishing. London-Thousand Oaks_New Delhi.
Kristina, J. H., 2014, Model Konseptual Untuk Mengukur Adaptabilitas Bank Sampah di Indonesia, Jati Undip, Vol. 9, No. 1, Banten. Hal. 19-28.
Ninggarwati dan Latianingsih, 2010, Riset Aksi: Daur Ulang Sampah Anorganik Plastik Sebagai Bentuk Usaha Baru Dan Dapat Mewujudan Masyarakat Peduli Sampah Anorganik di Kota Depok, Epigram, 7 (1), hal. 57-67.
Novianty, 2013, Dampak Program Bank Sampah Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Welfare StatE, 2 (4), hal. 1-16.
Puspantoro, B., 2014, Konstruksi Bangunan Gedung Tidak Bertingkat, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.
Rofi’ah, S., 2013, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah (Studi Di Bank Sampah Surolaras, Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta), Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Salawati., Astuti., Hayati., 2008, Pengaruh Program Pelatihan Pengolahan Sampah Padat Organik Menggunakan Metode Composting Terhadap Pengetahuan Dan Ketrampilan Ibu-Ibu PKK Di RW III Kelurahan Boja Kabupaten Kendal, Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 3 / No. 2, hal. 63-73.
Suwerda, B., 2012, Bank Sampah Penerapan Bank Sampah Gemah Ripah Badegan Bantul, Buku 2, Werda Press, Yogyakarta.
Setiyono, 2011, Pengaruh Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Dan Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PTPN IX Semarang, Skripsi, Universitas Pandanaran Semarang.
Setyowati dan Mulasari, 2013, Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 7, No. 12, hal. 562-566.
Sulistyorini, L., 2005. Pengelolaan Sampah Dengan. Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan. Lingkugan. Vol. 2, No. 1 :77-84
Sunaryo., Susanti., Irkham., 2013, Dampak Program Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Sebagai Salah Satu Program Corporate Social Responsibility Badak LNG Terhadap Pembentukan Budaya Hijau (Green Culture) Pada Masyarakat Kota Bontang, METANA, 9 (2), hal. 46-54.
Sriyana, J., 2010, Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Studi Kasus di Kabupaten Bantul, Jurnal Simposium Nasional 2010: Menuju Purworejo Dinamis dan Kreatif, Yogyakarta. Hal. 79-103.
Riswan., Sunoko., Hadiyarto., 2011, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Daha Selatan, Jurnal Ilmu Lingkungan, Vol.9, No. 1, hal. 31-39.
Wintoko, B., 2012, Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.
Zulfawati dan Badriati, 2014, Pemberdayaan Ekonomi Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Jembatan Kembar Timur Melalui Daur Ulang Sampah Non Organik, Qawwãm, Volume 8 Nomor 2, hal. 227-240.

Downloads

Published

2020-03-13

Issue

Section

Articles