PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU DI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL DIY

Authors

  • Nor Wijayanti STIKes Surya Global Yogyakarta
  • Arina Nuraliza Romas STIKes Surya Global Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jkpl.v1i1.1637

Keywords:

Kata Kunci, Motivasi, Komunikasi, Kooperasi, Mobilisasi, Partisipasi Pengelolaan Sampah, Masyarakat

Abstract

Latar Belakang: Sampah telah menjadi permasalahan nasional sehingga mengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat.. Permasalahan yang terjadi di Sumberagung Jetis Bantul, berdasarkan informasi dari pengelola sampah, diperoleh hasil bahwa antusias dari masyarakat mengenai pengelolaan sampah tergolong rendah yaitu sekitar 30%, masyarakat tidak turut berpartisipasi dalam pemilahan sampah dan pendaur ulangan sampah.

Tujuan:untuk mengetahui pengaruh motivasi, komunikasi, kooperasi dan mobilisasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah terpadu di Sumberagung, Jetis, Bantul, DIY.

Metode:Desain penelitian ini adalah desain studi korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 59 masyarakat di Sumberagung Jetis Bantul dipilih menggunakan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda.

Hasil    :Terdapat pengaruh secara parsial antara komunikasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah terpadu yaitu nilai Ï = 0,021 < α = 0,05 dan terdapat pengaruh secara stimultan antara motivasi, komunikasi, kooperasi dan mobilisasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah terpadu yaitu nilai Ï = 0,000< α = 0,05.

Kesimpulan: Ada pengaruh secara parsial antara komunikasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah terpadu dan ada pengaruh secara stimultan antara motivasi, komunikasi, kooperasi dan mobilisasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah terpadu.

 

Kata Kunci: Motivasi, Komunikasi, Kooperasi, Mobilisasi, Partisipasi Pengelolaan Sampah, Masyarakat

References

Achmadi, U, F. 2013. Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pres.
Aditya, S, R. 2010. Sinergitas Stake¬holders Untuk Administrasi Publik Yang Demokratis Dalam Perspektif Teori Gov¬ernance (Studi Pada Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Mulyoagung Bersatu Ke¬camatan Dau, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik. 2 (3) : 407-413.
Apryanti, Cn. 2015. Identifikasi Faktor Utama yang Berpengaruh pada Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Jurnal Perencanan Wilayah dan Kota A SAPPK V4N3. Halaman 886-894. Institut Teknologi Bandung.
Arikunto, S. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Cet.IX. Bumi Aksara. Jakarta.
Balai Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul. 2015. Daftar Jejaring Pengelola Sampah Mandiri. Yogyakarta. http://jpsm.bantulkab.go.id/.
Candra I. 2012. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga (Studi kasus di Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara). Sociodev-Jurnal Ilmu Sosiatri. 1(1):1-21.

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul. 2016. Akumulasi Sampah Perhari dan Cakupan Pelayannya. Yogyakarta. http://pu.bantulkab.go.id/ diakes pada 16 Oktober 2016.
Kamal, F. 2009. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Rumah Tangga Tentang Pengelolaan Sampah Dengan Perilaku Pembuangan Sampah Pada Masyarakat Sekitar Sungai Beringin Di RW 07 Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2009. Universitas Negeri Semarang; Skripsi. Semarang.
Manurung R. 2008. Persepsi dan partisipasi siswa sekolah dasar dalam pengelolaan sampah di lingkungan sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur. 1(10):22-34.
Moruff, M. 2012. Cultural Understanding of Space and Waste Disporsal Habit among The Ur¬ban Populace in Ibadan Metropolis, South Western Nigaria, Journal of Sustainable De-velopment in Africa. 14 (4) : 82-95.
Muhash S, S. 2013. Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Mandiri Berbasis Komunitas (Studi Pada Bank Sampah Pitoe Kelurahan Jambangan, Surabaya). Universitas Negeri Surabaya; Skripsi. Surabaya.
Mulyadi. 2010. Perilaku masyarakat dan peran serta pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah di Kota Tembilahan. Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol 2. (3) Halaman 147-162. Universitas Riau.
Notoatmodjo, S. 2014. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2009. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2014. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodelogi Penelitian dan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2014. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Ojo, G.O., Bowen, D.M. 2014.Environmental and Economic Analysis of solid Waste Manage-ment Altirnatives For Logos Municipality Nigeria, Journal of Sustainable Development in Africa, 16 (1) : 113-144.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Tentang Pengelolaan Sampah
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga

Downloads

Published

2020-03-13

Issue

Section

Articles