Keterlibatan Orangtua dalam Progam Sekolah di TK Raudlatul Azhar

Authors

  • Humaira Yuliasari Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nila Fitria
  • Zirmansyah Zirmansyah

DOI:

https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.254

Keywords:

keterlibatan, orangtua, program sekolah

Abstract

Program sekolah ialah suatu rangkaian kegiatan yang disusun untuk menjalankan sebuah visi serta misi dalam proses perubahan sikap dan perilaku anak didik serta demi mencapai tujuan sekolah. Dalam mencapai tujuan sekolah memerlukan keterlibatan orangtua, keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak sangat diperlukan khususnya bagi pihak sekolah, karena bagaimana pun juga sekolah tidak dapat berdiri sendiri, karena sekolah dan orangtua merupakan suatu kesatuan dalam suatu proses pendidikan. Berdasarkan  hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana keterlibatan orangtua dalam program sekolah di TK Raudlatul Azhar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat upaya pihak sekolah dalam melibatkan orangtua dalam program sekolah ialah dengan menjalin kerja sama dengan komite orangtua melalui POM (Persatuan Orangtua Murid). Pihak sekolah mampu melibatkan orangtua dalam program sekolah dengan berbagai tipe, akan tetapi tipe yang lebih banyak diterapkan ialah tipe sukarelawan. Adapun faktor penghambatnya ialah waktu dan dana sedangkan faktor pendukungnya ialah kesadaran dari pihak orangtua dan sekolah akan keterlibatan mereka terhadap pendidikan perkembangan anak.

References

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1). Tangerang Selatan: Univ Terbuka.

Dhiada, R. (2015). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Diakses dari ejournal.sps.upi.edu pada 26 Oktober 2017.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.

Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

KEMENDIKBUD. (2015). Petunjuk Teknis: Penguatan Kemitraan Keluarga, Satuan Pendidikan, dan Masyarakat di PAUD. Jakarta.

Maryadi, dkk. (2010). Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Morisson, G.S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Patrikakou, E. N.( 2008). The power of Parental Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for student Success. Diakses dari http://www.centerii.org/search/resources/PowerParInvolve.pdf pada 27 Oktober 2017.

Schunk, D. H., Pintrich. P.R., & Mecce, J. L. (2010). Motivation in education: Theory, research, and application. (3 ed.) New Jersey : Pearson Education Inc.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukwiaty, dkk. (2009). Ekonomi SMA kelas XII. Jakarta : Yudhistira.

Tolada, T. (2012). Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDIT Permata Hati, Banjarnegara. Skripsi. Tersedia pada http://library.ui.ac diakses pada (30 September 2017).

Downloads

Published

2019-03-11

How to Cite

Yuliasari, H., Fitria, N., & Zirmansyah, Z. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Progam Sekolah di TK Raudlatul Azhar. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 28–40. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.254

Issue

Section

Articles