Persepsi, Sikap dan Minat Pariwisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Firdausa Kumala Sari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Novita Safitri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Wahyu Anggraini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.12928/ijiefb.v2i2.857

Keywords:

Persepsi, Sikap, Minat, dan Pariwisata Halal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Theory of Planned Behavior (TPB) mengenai pengaruh persepsi konsep pada sikap, persepsi perkembangan pada sikap, dan sikap pada minat masyarakat DIY tentang  pariwisata halal. Rancangan penelitian ini deskriptif dan korelasional yang melibatkan 435 subyek dari Daerah Istimewa Yogyakarta, mengumpulkan data melalui survei dengan mengisi kuesioner. Pengaruh persepsi konsep pada sikap DIY tentang pariwisata halal diuji menggunakan teknik analisis data dengan SB-SEM (Covariance Based-Structural Equation Modelling) dengan softwere AMOS. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh anatara persepsi dan sikap pada minat masyarakat dalam pariwisata halal. Persepsi masyarakat tentang pariwisata halal terletak pada fasilitasnya. Kriteria fasilitas termasuk dalam salah satu kriteria GMTI (Global Muslim Travel Index). Pemerintah diharapkan memprioritaskan pengembangan fasilitas wisata halal.

 

References

Ajzen, Icek. 1991. The Theory of Planned Behaviour. Amerika Serikat: University of Massachusetts at Amherst.
Ajzen, Icek. 2005. The Theory of Planned Behaviour. Amerika Serikat: University of Massachusetts at Amherst.
Alim, Haidar Tsany dan Andi Okta Riansyah, dkk. (t.t.) “Analisis Potensi Pariwisata Syariah dengan mengoptimalkan Industri Kreatif di Jawa Tengah dan Yogyakarta.” Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.
Anonim. 2016. GMTI Jadi Acuan Kriteria Wisata Halal.” Dalam Republika.co.id, https://republika.co.id/berita/koran/financial/16/04/20/o5xd0810-gmti-jadi-acuan-kriteria-wisata-halal, diakses 23 Februari 2019.
Anonim. 2016. Statistik Profil Wisatawan Nusantara Tahun 2016. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.
Anonim. 2017. “Ketua Umum MES Himbau Yogyakarta Kembangkan Wisata Syariah.” Dalam Ekonomi Syariah
Anonim. 2017. Statistik Kepariwisataan 2017 Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta: Dinas Pariwisata.
Anonim. 2018. “Lombok, Aceh, dan Jakarta Destinasi Pariwisata Halal Utama.” Dalam Republika.co.id,
Antara. 2018. “Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Peringkat 9.” Dalam Tempo, https://travel.tempo.co/read/1139099/pertumbuhan-pariwisata-indonesia-peringkat-9-di-dunia/full&view=ok pada , 20 Februari 2019.
Awwal, M. Alfaridho et.al. 2018. Sharia Economics Edugame (SEE): “Alternatif pengembangan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah”. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat. Vol. 14, No. 1.
Ginting, Dahlia Br. 2009. “Structural Equation Model (SEM).” Dalam Jurnal Media Informatika, Vol. 8, No. 3. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI.
Hernandez, Roberto et.al. 2016. “A conceptual approach for business incubator interdependencies and sustainable development.” Dalam Agriculture and Agricultural Science Procedi, Vol 8, hlm. 718 – 724, https://doi.org/10.1016/j.aaspro.2016.02.054.
http://www.ekonomisyariah.org/6595/ketua-umum-mes-himbau-yogyakarta-kembangkan-wisata-syariah/, diakses 19 Februari 2019.
https://m.republika.co.id/amp/pjmpxk320&ved=2ahUKEwi, diakses 23 Februari 2019
Kambuaya, Carlos. 2015. “Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Barat di Kota Bandung.” Dalam Social Work Jurnal, Volume 5, No. 2, ISSN:2339-0042.
Kementrian Pariwisata. http://www.kemenpar.go.id.
Listyana, Rohmaul dan Yudi Hartono. 2015. “Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggulangan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013).” Dalam Jurnal Agastya, Vol. 5 No. 1.
Lonely Planet. 2019. “Best in Travel 2019.” Dalam New York :Lonely Planet, ISBN 9781787017658.
Mulyana, Aina … Soleh Hidayat dan Sholih. 2013. “Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn.” Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vo. 19 No. 2.
Nurkhan. 2005. “Pengaruh Latar Belakang Pekerjaan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas II Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Tulis Batang Tahun Ajaran 2005/2006.” Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Oktradisa, Ahwy. 2015. “Analisis Persepsi Leadership dan Kewirausahaan dalam Mencapai Visi Teacherprenuership dan Entrepreneurship (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang)”. Dalam Cakrawala, Vol. X, No. 1.
Pratiwi, Fuji. 2016. “GMTI Jadi Acuan Kriteria Wisata Halal.” Dalam Republika.co.id, https://republika.co.id/berita/koran/financial/16/04/20/o5xd0810-gmti-jadi-acuan-kriteria-wisata-halal, diakses 23 Februari 2019.
Purwanto, B.M. 2002. “The Effect of Salesperson Stress Factors on Job Performance”. Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 17, No. 22
Reinartz, Wemer. 2009. “An Empirical Comparison of the Efficacy of Covariance-Based and Variance-Based SEM.” Dalam Interen J. of Research in Marketing, https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2009.08.001.
Riza, Alex Fahrur. 2017. “Skeptisme Nasabah Terhadap Klaim Syariah dari Perbankan Syariah.” Dalam Jurnal Al-Bayan, Vol. 22, No. 31.
Salman Yousaf et. al. 2018. Halal Culinary and Tourism Marketing Strategies on Government Websites: A Preliminary Analysis. Dalam. Tourism Management. Vol. 68 hlm. 423–443, www.elsevier.com/locate/tourman.
Santoso, A. 2011. “Serat Pangan (Dietary Fiber) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan.” Dalam Skripsi, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Unwidha Klaten.
Sarwono, Sarlito W. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
UNWTO. 2016. Tourism Highlights, 2016 Edition. Madrid:World Tourism Organization (UNWTO).
Wahyuni, Dewi Urip. 2008. “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat.” Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 1.
Waluyo, Minto. 2016. “Mudah cepat Tepat Penggunaan Tools AMOS dalam

Downloads

Published

2019-08-06

Issue

Section

Articles