Analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada artikel Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses

Authors

  • Naufal Allam Gumelar Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Rullyani Kuncoro Putri Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Silvia Nita Nur Aryanti Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Chafit Ulya Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v3i1.3388

Abstract

This study aims to explain the form of language error in rhetorical journal entitled "Innovation of Indonesian Language Learning through Process Approach" in syntax level, as well as describe the cause of the error. This research is a descriptive qualitative research. Data collection using techniques in the form of observation of the writings of an article from the journal Rhetoric. Data in the study is divided into two scopes, namely literature research and field research Analysis techniques used include, collecting data in the form of errors in terms of syntax, identifying errors, explaining errors, and evaluating errors. The results of this study are descriptions of the form of language errors include: (1) the unity of ideas, (2) word frugality, (3) logic, and (4) word carefulness.

Author Biographies

Rullyani Kuncoro Putri, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pendidikan Bahasa Indonesia

Chafit Ulya, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Agustinus, J. W. (2017). Analisis Kalimat Efektif Dan Ejaan Yang Disempurnakan Dalam Surat Bisnis (Analisis Kasus Surat Perkenalan dan Permintaan Penawaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita). VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretari, 1(1), 48-59.

Giyanti, R. N. A., &Wulandari, R. A. D. Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Viii Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Lestari, B., & Dian, U. H. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kumpulan Artikel Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Surakarta (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).

Marjuniati, R. (2013). Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri 9 Padang. Abstract of Undergraduate, Faculty of Education, Bung Hatta University, 2(6), 1-3

Marta, I. N. (2010). Pendekatan Retorik Untuk Mengefektifkan Kalimat Tidak Efektif Dalam Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Ika, 8(1), 2-5

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102-114.

Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Surakarta). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 94-109.

Reistanti, A. P. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas Viii E Di Smp 2 Muhammadiyah Surakarta. Kajian Linguistik dan Sastra, 2(2), 126-140.

Rofi, A. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat Resmi pada Bidang Sintaksis Siswa Kelas VIII Mts N Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal ilmiah Dikdaya, 5(1),1-14.

Saadah, F. (2016).Analisis kesalahan berbahasa dan peranannya dalam pembelajaran bahasa asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(1).

Downloads

Published

2021-09-04