PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 2

Authors

  • Eggiet Eggiet Universitas Ahmad Dahlan
  • Vera Yuli Erviana Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.963

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dunia pendidikan sekarang terus mengikuti perkembangan zaman untuk menghadiri berbagai edukasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Muhammadiyah Domban 2 Sleman, dan factor pendukung serta penghambat dalam penggunaan media audi visual pada pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, 23 siswa kelas V, dan kepala SD Muhammadiyah Domban 2 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara,. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan media audio visual berjalan sesuai dengan RPP yang dibuat guru, komponen pembelajaran juga sudah terpenuhi dengan maksimal. Selain itu, didukung dengan sarana prasarana yang lengkap dari pihak sekolah. Hambatan tidak ada nya horden membuat sinar dalam ruangan kurang gelap dan apabila listrik mati proyektor tidak bisa digunakan.

.

 

Kata kunci: Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia, SD

Author Biographies

Eggiet Eggiet, Universitas Ahmad Dahlan

PGSD

Vera Yuli Erviana, Universitas Ahmad Dahlan

PGSD

References

Siswoyo Dwi. Dkk, 2008, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press. Hasibuan & Moedjiono, 2006, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitarif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, zaenal, (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S . (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2019-07-31

How to Cite

Eggiet, E., & Erviana, V. Y. (2019). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 2. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 47–50. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.963

Issue

Section

Articles