IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL YOGYAKARTA

Authors

  • Kongidatun Tri Fauziah Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Hidayah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1498

Keywords:

Implementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa di SD Unggulan Aisyiyah Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penanggung jawab program GeMeS, guru kelas dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsan data dilakukan dengan triangulasi sumber, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa di SD Unggulan Aisyiyah Bantul sudah dapat berjalan dengan baik karena sudah mampu menerapkan indikator yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu pembiasaan memelihara kebersihan dan  kelestarian lingkungan, tersedia tempat pembuangan sampah, tempat cuci tangan, kamar mandi, pembiasaan hemat energi, melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik anorganik, menyediakan peralatan kebersihan, membuat tandon penyimpanan air, dan memogramkan cinta bersih lingkungan. Sedangkan faktor penghambat terdapat pada biaya sedangkan faktor pendukung terdapat pada semangat semua warga sekolah dan fasilitas yang ada disekolah.

 

 

References

Azzet, A. M. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Almanshur, D. G. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
J.Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-23

How to Cite

Fauziah, K. T., & Hidayah, N. (2022). IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL YOGYAKARTA. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(1), 22–32. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1498

Issue

Section

Articles