ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSE RIZKY FEBIAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK TEH KOTAK RASA BUAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KABUPATEN BANTUL)

Authors

  • Danti Shela Intan Universitas Islam Indonesia
  • Sri Hardjanti Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2484

Keywords:

Celebrity Endorse, Trust, Honesty, Attractiveness, Interest In Buying.

Abstract

Celebrity endorser has become one popular approach for marketing communication. This study aims to determine the effect of using celebrity endorser on customer’s buying intentions. This study focus on variables on celebrity endorser which are trust, honesty, and attractiveness and their effect on customer’s buying intentions. Object of this study are customers of fruit flavored tea product. Data collection technique is questionnaire that are distributed to customers at productive age in Bantul Regency Yogyakarta. By using SPSS to analyze the data, this study found that Celebrity Endorser’s variables which are trust, honesty, and attractiveness have a positife effect on customer’s buying interest.

References

Ardiansyah, Lutfi, dkk. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Cholifah, Nike, dkk. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Dama, Daniel. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer Di Toko Lestari Komputer Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

Darmadi, Didik. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan (Studi Kasus PT Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafisa, Dinda Yulia. (2018). Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “Wardah”. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Imasari, Kartika. (2010). Pengaruh Media Periklanan Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa SMU Untuk Mendaftar Di Universitas Kristen Maranatha: Sikap Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery. (2004). Dasar-dasar Pemasaran jilid 2. Jakarta: PT Index.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT Index.

Kumalasari, Nur. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Tempe 5.17 Salatiga. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Lamb, Charles W. dkk. (2001). Pemasaran. Jakarta: PT Salemba Emban Patria.

Lolasary. Femia. (2015). Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion Yang Diiklankan Melalui Twitter. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Rodriguez, Karina P. (2008). Apparel Brand Endorsers And Their Effects On Purchase Intentions: A Study Of Philippine Consumers. Philippine.

Sertoglu, Aysegul Ermec. (2014). Examining the Effect of Endorser Credibility on the Consumers' Buying Intentions: An Empirical Study in Turkey. Department of International Trade, Gazi University, Ankara Turkey.

Sintani, Laurencia. (2016). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Isyana Sarasvati Dalam Iklan “Isyana vs Gangster” Terhadap Brand Awareness Masyarakat Surabaya. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Intan, D. S., & Hardjanti, S. (2020). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSE RIZKY FEBIAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK TEH KOTAK RASA BUAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KABUPATEN BANTUL). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 169–186. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2484

Issue

Section

Articles